Tito: Badminton-Tenis Meja di Kampung Boleh, Asal Prokes dan Tak Kerumunan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 14:20 WIB
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, mengatakan masyarakat dapat berolahraga di luar rumah selama PPKM level 3 & 4. Namun syaratnya tidak boleh ada kerumunan dan protokol kesehatan wajib ditegakkan.

"Kita tetap harus menjaga kesehatan, yaitu dengan berolahraga, sepanjang olahraga itu tidak ada penonton, tidak ada suporter, menerapkan prokes ketat, jumlah terbatas," terang Tito dalam siaran langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/7/2021).

'Missal kita ingin main badminton, main tenis meja di kampung yang cuma 3-4 orang, otomatis kalau prokes ketat diperbolehkan," terang Tito.

Tito menyebut olahraga sangat penting demi menjaga keprimaan fisik. Selain itu, olahraga, terang Tito, baik untuk imunitas tubuh serta melepaskan stres.

"Tenis misalkan di tempat tertutup, artinya di lingkungan masing-masing, di kantor, di kompleks ada lapangan tenis, ya main 4, 5, 6 orang asal jaga protokol kesehatan dapat dilaksanakan. Yang tidak boleh dalam bentuk besar, kerumunan apa pun, termasuk kerumunan olahraga, yang rawan penularan," sebut Tito.

Tito mencontohkan salah satu olahraga yang berpotensi menimbulkan kerumunan besar yakni pertandingan sepakbola. "Pertandingan sepakbola, ramai di (PPKM) level 4 ya jelas nggak boleh," tutupnya.

(isa/imk)