Mendagri Minta Pemda Persuasif soal PPKM: Penegakan Hukum Upaya Terakhir

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 13:32 WIB
Mendagri Tito Karnavian dalam rapat koordinasi terkait Pilkada 2020
Mendagri Tito Karnavian (Foto: Puspen Kemendagri)
Jakarta -

Mendagri Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah untuk berkoordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat dalam menyampaikan aturan terkait PPKM level 3-4. Upaya persuasif harus dikedepankan dalam penerapan PPKM.

"Kita harapkan juga rekan-rekan kepala daerah ini dapat berkoordinasi tidak hanya dengan unsur pemerintah tapi juga dengan ormas OKP, yang bisa menjadi mitra tokoh masyarakat yang berpengaruh sehingga upaya-upaya persuasif, sosialisasi dilakukan dan upaya koersif, penegakan hukum merupakan upaya terakhir yang dilakukan," kata Tito dalam konferensi pers, Senin (26/7/2021).

Arahan itu juga sudah disampaikan Tito kepada seluruh Satpol PP. Tito mengatakan penggunaan kekuatan diusahakan seminimal mungkin jika tindakan koersif dilakukan.

"Saya sudah menyampaikan kepada seluruh Kasatpol PP pada rakor minggu lalu agar mengedepankan cara-cara persuasif, sosialisasi, preventif dan kalau dilakukan cara koersif semua dalam aturan hukum, dengan penggunaan kekuatan yang minimum," ujar Tito.

Tito Minta Kepala Daerah Buat Aturan Spesifik

Dalam kesempatan itu, Tito juga meminta kepala daerah segera membuat aturan lanjutan dari Instruksi Mendagri. Aturan itu diharapkan dapat lebih spesifik dan sesuai dengan karakter masing-masing daerah.

"Rekan-rekan kepala daerah segera untuk melakukan langkah lanjutan mulai dari rapat koordinasi forkompimda dan kemudian mengeluarkan produk kebijakan baik dalam bentuk surat edaran, instruksi gubernur, bupati, wali kota dan kemudian kalau bisa lebih spesifik sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing tapi tidak melampaui apa yang sudah diatur instruksi Mendagri yang berlaku secara nasional," ujar Tito.

Simak video 'Tito Ke Gubernur Papua: Kita Pakai Istilah PPKM, Bukan Lockdown!':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)