Gempa M 5,9 Guncang Tojo Una-Una Sulteng, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 11:55 WIB
Petugas mengukur panjang amplitudo letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) dari data rekam seismograf di Pos Pengamatan GAK Pasauran, Serang, Banten, Kamis (27/12/2018). PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) menaikan status GAK dari WASPADA ke level SIAGA sejak Kamis (27/12) karena frekwensi letusan meningkat dengan amplitudo rata-rata 25 milimeter diiringi dentuman cukup keras. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.
Seismograf, alat perekam gempa (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)
Tojo Una-Una -

Gempa bermagnitudo (M) 5,9 terjadi di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Warga dilaporkan berhamburan ke luar rumah.

"Warga berhamburan lari ke luar rumah," cuit Koordinator Bidang Mitigasi Tsunami dan Gempa Bumi BMKG, Daryono, di akun Twitter-nya @DaryonoBMKG seperti dilihat detikcom, Senin (26/7/2021). Daryono telah mempersilahkan detikcom untuk mengutip cuitannya.

Daryono melaporkan gempa tersebut dirasakan di Tojo Una-Una dan sekitarnya dengan skala III-IV MMI. Skala III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sedangkan skala IV MMI artinya guncangan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Meski begitu, ada beberapa titik yang intensitas gempa dirasakan hingga skala V MMI. Dampaknya bisa fatal, seperti kerusakan bangunan.

"Dengan memperhatikan peta tingkat gucangan tampak muncul warna yang mendekati kuning di Tojo Una-Una-Banggai dengan intensitas mencapai V MMI, bangunan lemah bisa mengalami kerusakan. Untuk itu mhn info jika ada laporan kerusakan," cuit Daryono.

Skala V artinya getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Meski begitu laporan mengenai kekuatan gempa yang dicuit Daryono berbeda dengan laporan dari laman BMKG. "Gempa dangkal magnitudo update 5,8 berpusat di laut guncang Tojo Una-Una," cuit Daryono.

Diketahui, gempa di Tojo Una-Una terjadi pada pukul 10.52 WIB. Kedalaman gempa tersebut berada di 10 kilometer.

Titik gempa berada di 55 kilometer timur laut Kabupaten Tojo Una-Una. Titik koordinat gempa berada di 0,73 lintang selatan dan 121,87 bujur timur.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG di akun Twitter-nya, Senin (26/7/2021).

(isa/hri)