Komentar Pedagang Pasar Minggu Usai Pasar Rakyat Boleh Buka di PPKM Level 4

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 10:34 WIB
Suasana Pasar Minggu, Senin (26/7/2021). (Foto: Wilda/detikcom)
Suasana Pasar Minggu, Senin (26/7/2021) (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Para pedagang di pasar di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sedikit bernafas lega usai pemerintah memperbolehkan pasar rakyat dibuka kembali pada perpanjangan PPKM level 4 ini. Salah seorang pedagang pakaian, Jasril (58) mengaku sangat menyambut baik aturan ini.

"Mudah-mudahan ekonomi bisa kembali lah," kata Jasril di pasar di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (26/7/2021).

Jasril mengaku aturan pemerintah kemarin yang melarang pedagang non sembako untuk berjualan di pasar sangat menyiksanya. Pasalnya, dia tidak mempunyai pekerjaan lain selain berdagang sementara biaya kontrakan telah menantinya. Belum lagi untuk biaya makan anak dan istrinya.

"Soalnya udah beberapa hari ini kami sebagai pedagang kaki lima kami ngontrak rumah, bayar ini segala macam keluhan kami udah merasakan gimana ya namanya rakyat kecil, kami minta pemerintah supaya kami boleh dibukakan, supaya ekonomi kami boleh hidup lah," ujarnya.

Jasril berharap dengan aturan baru ini dirinya dapat memperoleh penghasilan untuk membayar biaya kontrakan. Dengan tersedu-sedu, dia pun ingin sekali dagangannya laris kembali agar anak dan istrinya bisa makan dengan cukup.

"Harapan kita sebagai rakyat kecil mudah-mudahan kita bisa bayar kontrakan rumah, bisa buat hidup anak-anak sehari-hari kontrakan rumah Rp 1,5 juta. Pendapatannya ya kadang laku sepotong dua potong, makan aja tidak cukup, ini sudah hampir dua tahun, buat makan saja tidak cukup," katanya.

Ditemui selanjutnya, Edhy (57), pedagang pakaian, mengaku sangat gembira karena bisa menggelar lapak kembali di pasar. Walaupun Edhy menyadari, pembeli di pasar ini masih relatif sepi.

"Senang, membolehkan lagi keadaannya orang begini sepi juga yang ke pasarnya nggak ada," kata Edhy.

Melihat pembeli yang masih sepi itu, tak mengurungkan niat Edhy untuk tetap tegak menanti mereka berdatangan. Edhy berharap hari ini dirinya bisa memperoleh penghasilan.

"Menyambut gembira dikit lah, bisa usaha lagi dikit-dikit, karena buat laris saja susah, saya berharap bantuan kalau ada bantuan, tapi tidak ada sih," tuturnya.

Sebelumya, pemerintah memperbolehkan pasar rakyat buka pada perpanjangan PPKM Level 4 ini. Para pedagang di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pun mulai menggelar lapak dagangannya.

Pantauan detikcom di Pasar Minggu, pukul 08.40 WIB, sejumlah pedagang sudah mulai menggelar lapak. Para pedagang menjual beraneka ragam dagangan mulai pakaian, barang elektronik, tas-tas, hingga emas. Tak hanya itu, ada pula pedagang sayuran dan buah-buahan yang menjajarkan dagangannya sedari pintu masuk pasar.

Tampak pedagang lainnya ada yang masih bersiap memasang gerai dagangan. Para pedagang sudah patuh memakai masker namun ada pula yang mengenakannya hanya sampai di dagu.

Terlihat ada petugas dari TNI berjaga di pos PPKM di sekitar pasar. Petugas terlihat mengamati situasi di area pasar.

Tidak ada antrean pembeli di pasar di Pasar Minggu. Situasi di pasar terlihat lengang pagi ini.

Simak video 'Catat! Ini Beda Penerapan PPKM Level 3 dan 4':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/isa)