PPKM Level 4 Makassar, Pelaku Perjalanan Diperiksa Kartu Vaksin-Tes PCR

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 10:21 WIB
Walkot Makassar Ramdhan Danny Pomanto. (Hermawan/detikcom)
Walkot Ramdhan 'Danny' Pomanto saat dimintai konfirmasi terkait PPKM level 4 Makassar. (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto masih menggodok aturan yang akan dituangkan dalam Surat Edaran (SE) pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. Danny menyebut aturan PPKM level 4 Makassar masih dipelajari dari Inmendagri, termasuk soal penyekatan yang memeriksa kartu vaksin dan hasil tes PCR bagi pelaku perjalanan.

"Saya belum lihat (aturan) penyekatan itu. Artinya, kalaupun ada seperti itu, ya, kita harus ikut kalau itu aturan," ujar Danny saat ditemui di kediamannya di Jalan Amirullah, Makassar, Senin (26/7/2021).

Untuk diketahui, Mendagri Tito Karnavian telah mengeluarkan Inmendagri Nomor 25 Tahun 2021 yang memerintahkan PPKM level 4 di Makassar. Inmendagri itu diteken Tito di Jakarta pada Minggu (25/7).

Dalam Inmendagri itu diatur bahwa pemda yang memberlakukan PPKM level 4 harus melakukan pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bus, kapal laut, dan kereta api) yang hendak masuk ke wilayahnya. Secara jelas aturan itu tertuang dalam diktum Ketiga poin M, berikut ini bunyinya;

pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut dan kereta api) harus:
1) menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama);
2) menunjukkan PCR H-2 untuk pesawat udara serta Antigen (H-1) untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bis, kereta api dan kapal laut;
3) ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1) dan angka 2) hanya berlaku untuk kedatangan dan keberangkatan dari dan ke Wilayah yang ditetapkan sebagai PPKM Level 4 (empat) sebagaimana dimaksud Diktum KESATU serta tidak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi sebagai contoh untuk wilayah Jabodetabek; dan
4) untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dari ketentuan memiliki kartu vaksin,

Kata Danny soal Penyekatan PPKM Level 4 Makassar dari Wilayah Aglomerasi Mamminasata

Meski aturan terkait penyekatan selama PPKM level 4 Makassar masih digodok, namun Danny mengisyaratkan tidak adanya pemeriksaan kartu vaksin dan bukti tes PCR dari wilayah aglomerasi Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar (Mamminasata).

"Karena kita ini sudah gabung. Karena ada tinggal di Gowa kerja di Makassar," kata Danny.

Tapi Danny menegaskan pihaknya masih mempertimbangkan terkait hal itu. Dia juga akan merapatkannya dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Saya harus dapat penjelasan Kesbangpol saya karena dia yang lihat duluan (Inmendagri PPKM level 4)," paparnya.

Simak juga video 'Titah Jokowi untuk Para Menteri Kala PPKM Level 4 Diperpanjang':

[Gambas:Video 20detik]

(nvl/idh)