Round-Up

Saat Jokowi Apresiasi Eko Yuli, Atlet RI dengan 4 Medali Olimpiade

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 05:20 WIB
Jakarta -

Satu medali perak di Olimpiade Tokyo berhasil disumbangkan Eko Yuli Irawan. Apresiasi datang dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Eko Yuli, orang Indonesia pertama yang mampu mengumpulkan 4 medali olimpiade.

Eko Yuli Irawan mendapat medali perak di cabang angkat besi Olimpiade Tokyo 2020. Tampil di Tokyo International Forum, Minggu (25/7/2021), Eko membukukan total angkatan 302 kg, dari angkatan snatch 137 kg dan 165 kg angkatan clean and jerk di kelas 61 kg.

Eko Yuli Irawan sejatinya bisa menorehkan tinta emas asal di angkatan clean and jerknya tidak gagal. Mulus di angkatan pertama dengan 165 kg, tapi lifter berusia 31 tahun ini gagal di angkatan kedua dan ketiganya dengan berat 177 kg.

Torehan ini menjadikan Eko Yuli Irawan sebagai salah satu atlet Indonesia yang paling sukses sepanjang keikutsertaan Indonesia di Olimpiade. Faktanya, Eko Yuli Irawan menjadi satu-satunya atlet yang konsisten menyumbangkan medali untuk Merah Putih, bahkan dalam empat edisi beruntun. Medali perak dari Olimpiade Tokyo merupakan medali keempat yang disumbangkannya sejak Olimpiade Beijing 2008.

Di Beijing ia meraih medali perunggu. Medali yang sama ditorehkan pada empat tahun berikutnya di London. Kemudian Eko meraih medali perak saat tampil di Rio de Janeiro 2016.

Ucapan selamat kemudian datang dari Presiden Jokowi lewat akun Twitter @jokowi. Jokowi mengunggah foto Eko mengangkat beban.

"Satu medali lagi dari Olimpiade Tokyo, siang ini dipersembahkan oleh Eko Yuli Irawan, lifter putra Indonesia. Eko meraih medali perak di kelas 61kg putra," kata Jokowi.

Apresiasi diberikan sang kepala negara untuk Eko Yuli Irawan. Jokowi memuji Eko Yuli dengan memberi selamat.

"Sambil menunggu kabar baik selanjutnya, saya menyampaikan selamat kepada Eko Yuli Irawan," ujar Jokowi.

(gbr/fas)