Pasar Rakyat Boleh Buka di PPKM Level 4, Pusat Minta Pemda Cegah Kerumunan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 20:36 WIB
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan detail aturan perpanjangan PPKM level 4. Pasar rakyat boleh buka asal tidak ada kerumunan. Usaha kecil juga boleh buka dengan protokol kesehatan ketat.

"Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasanya. Dengan protokol kesehatan yang ketat dan pasar rakyat yang menjual kebutuhan selain sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimum 50% sampai pukul dengan 3 sore dimana pengaturan lebih lanjut diatur oleh Pemda," kata Luhut dalam siaran pers virtualnya, Minggu (25/7/2021).

Luhut juga meminta agar pemerintah daerah mengatur hal ini. Dia tidak ingin ada kerumunan di pasar yang bisa memicu klaster baru Corona.

"Dan kami minta Pemda supaya mengatur betul karena jangan sampai terjadi kerumunan sehingga menjadi klaster baru," tuturnya.

Lebih lanjut, sejumlah ucaha kecil, dari toko kelontong hingga pangkas rambut diizinkan dibuka. Usaha kecil boleh buka hingga pukul 21.00 WIB.

"Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen, outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedangang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha kecil lain sejenis. Diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 21.00 WIB yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemda," ungkapnya.

Luhut mengatakan pihaknya telah memberikan arahan kepada para kepala daerah terkait aturan ini.

"Kami sudah brief semua pemerintah daerah sampai kabupaten dan kota dari mulai tingkat gubernur," jelasnya.