Jokowi: Saat Ini Sudah Terjadi Tren Perbaikan Pengendalian COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 19:19 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tren pengendalian COVID-19 sudah mulai membaik sejak penerapan PPKM. Positivity rate COVID-19 mulai memperlihatkan penurunan.

"Kita tahu saat ini sudah terjadi tren perbaikan dalam pengendalian pandemi COVID-19, lanjut penambahan kasus, BOR dan positivity rate mulai menunjukkan tren penurunan seperti yang terjadi di beberapa provinsi di Jawa, namun demikian kita harus tetap berhati-hati dalam menghadapi tren perbaikan ini, tetap harus selalu waspada menghadapi varian Delta yang sangat menular," kata Jokowi dalam pernyataan pers, Minggu (5/7/2021).

Jokowi mengatakan aspek kesehatan harus dipertimbangkan secara matang. Selain itu, Jokowi meminta aspek ekonomi masyarakat tak dilupakan.

"Pertimbangan aspek kesehatan harus dihitung secara cermat dan pada saat yang sama aspek sosial ekonomi masyarakat, khususnya pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari juga harus diprioritaskan," ujar Jokowi.

Atas pertimbangan itu, Jokowi memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4. Namun ada sejumlah sektor yang mengalami pelonggaran.

"Saya memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021 namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstrahati-hati," ujar Jokowi.

Simak video 'Permintaan Kadin ke Pemerintah Jika PPKM Diperpanjang Lagi':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/gbr)