PPP Dorong BIN Ungkap Kelompok Tak Murni Penginisiasi 'Jokowi End Game'

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 18:43 WIB
Anggota DPR dari Fraksi PDIP dan PPP menjadi pembicara dalam Diskusi Dialektika Demokrasi. Diskusi itu membahas perihal TKI yang dihukum mati tanpa notifikasi.
Foto: Syaifullah Tamliha (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Badan Intelijen Negara (BIN) memastikan terus mendeteksi kelompok yang menginisiasi aksi bertajuk 'Jokowi End Game'. PPP mendorong BIN mengungkapkan identitas kelompok yang merencanakan aksi Jokowi End Game itu.

"Sebaiknya BIN mengungkapkan saja kelompok tersebut kapada publik, agar sesama anak bangsa tidak saling curiga yang akan membuat disharmoni di tengah kebhinekaan yang majemuk," kata Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha kepada wartawan, Minggu (25/7/2021).

Tamliha meminta BIN tak henti memberikan informasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang penyebaran COVID-19 di Indonesia sesuai dengan fakta di lapangan. Informasi sebenarnya diperlukan Jokowi untuk dijadikan pertimbangan dalam mengambil kebijakan.

"Selain itu, BIN sebagai mata dan telinga presiden berkewajiban memberikan informasi tentang tingkat pandemi COVID-19 apa adanya, dan mengumpulkan para pakar pandemi, masalah sosial dan ekonomi masyarakat, agar Presiden Jokowi bisa mengambil langkah yang tepat dan fokus agar Indonesia bisa segera keluar dari pandemi ini, sehingga akar masalah politis bisa dihindari," papar Tamliha.

Anggota Komisi I DPR RI itu mengingatkan bahwa saat ini masyarakat memerlukan solusi agar dapat bertahan di tengah krisis akibat pandemi Corona. Komisi I DPR sendiri merupakan alat kelengkapan dewan (AKD) di DPR yang bermitra dengan BIN.

"Krisis ekonomi dan sosial wajib dicarikan solusinya, sehingga rakyat merasakan kehadiran negara di saat wabah yang melanda negara ini," sebut Tamliha.

Lebih lanjut, Tamliha juga memberikan pernyataan soal Kepala BIN Budi Gunawan (BG). Dia mengapresiasi BG yang turun langsung dalam kegiatan vaksinasi Corona di Bandung Barat, Jawa Barat, pekan lalu.

"Sebagai anggota Dewan pengawas BIN, kehadiran Pak Budi Gunawan yang turun langsung ke masyarakat selama PPKM darurat/level 4 patut diapresiasi, yang menunjukkan bahwa Pak BG telah bersungguh-sungguh," pungkasnya.

Baca tanggapan Menko Polhukam Mahfud Md dan BIN soal aksi Jokowi End Game di halaman berikutnya.

Simak video 'Mahfud: Demo 'Jokowi End Game' Tidak Ada, Provokatornya Kita Temui':

[Gambas:Video 20detik]