Anies: DKI Sudah Vaksin 7,1 Juta, Jangkauan Diperluas

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 17:04 WIB

Pemprov DKI Telah Bagikan 75% BST di Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membagikan sejumlah Bantuan Sosial Tunai (BST) ke sejumlah masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 di Meruya Selatan, Jakarta Barat. Riza mengklaim sudah menyalurkan 75 persen bantuan ke seluruh warga DKI Jakarta.

"Jumlahnya Rp 300 ribu per bulan dan dibagikan sekaligus 2 bulan jadi jumlahnya sebanyak Rp 600 ribu, yaitu untuk bulan Mei dan Juni. Alhamdulillah 75 persen sudah tersalurkan. Sisanya dalam proses pendistribusisan beberapa hari ini, sekaligus datanya dipadankan," jelas Ariza.

Bantuan tersebut telah disalurkan kepada warga DKI Jakarta sejak 19 Juli 2021 yang diperuntukkan bagi warga terdampak pandemi COVID-19. Pemprov DKI Jakarta melalui APBD sebanyak 1.700.039 orang dan bantuan melalui Kemensos pemerintah pusat sebanyak 738.137 orang.

"Bantuan yang melalui pemda atau APBD, disalurkan melalui bank DKI ATM dan bantuan melalui Kemensos disalurkan melalui PT POS, dibagikan langsung. Mudah-mudahan ke depan bantuan ini bisa disalurkan melalui ATM. Dan kita berharap tidak ada kerumunan, kita akan sampaikan ke depan agar semuanya bisa melalui ATM supaya tidak terjadi kerumunan," jelas Riza.

Riza berharap nantinya BST tersebut tidak disalahgunakan bagi warga. Dia meminta ibu-ibu yang menerima BST dapat mengelola uang tersebut dengan baik.

"Sekali lagi Bapak-Ibu semua bagi yang bantuan sosial tunai ini diminta untuk beli kebutuhan sembako jangan dipergunakan untuk beli rokok, apalagi minuman keras dan sebagainya. Agar ibu-ibu yang memegang uangnya untuk keperluan dapur ya. Jadi kalau bapak-bapak yang ambil BST langsung dikasih ke ibu yang di rumah semuanya ya, istri di rumah untuk keperluan sembako," tutup Riza.


(rdp/rdp)