Anies: DKI Sudah Vaksin 7,1 Juta, Jangkauan Diperluas

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 17:04 WIB
Jakarta -

DKI Jakarta kini semakin gencar melakukan vaksinasi di setiap kalangan, dari anak-anak hingga lansia. Saat ini tercatat sudah 7,1 juta warga DKI yang telah divaksinasi.

"Jadi tentang vaksinasi, kita sudah vaksin 7,1 juta dan harapannya ini nanti bisa luas lagi jangkauannya," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara vaksinasi kadin Indonesia Bersama TNI Polri yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kadin Indonesia, Minggu (25/7/2021).

Kemudian, Anies mengatakan gerakan vaksinasi ini perlu dilakukan dari yang paling bawah, yaitu RT/RW. Dalam setiap harinya, per kelurahan ditargetkan mampu menyuntikkan dosis vaksin ke 1.000 warga dalam setiap harinya.

"Di kelurahan itu harus memvaksin 1.000 orang sehari orang, di RW 100 orang sehari, dengan begitu kemudian kita bisa mengendalikan proses vaksinasi ini untuk bergerak tepat waktu. Dan dalam praktiknya bervariasi angkanya, pernah sampai angka 200 ribu sehari tapi kalau dibuat rata-rata itu 103 ribu per hari kegiatan vaksinasi di seluruh DKI Jakarta," jelas Anies.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut vaksinasi dosis pertama di DKI Jakarta mancapai hampir 7 juta warga. Sedangkan untuk dosis kedua sendiri, sudah mencapai hampir 2,2 juta warga.

"Total dosis 1 dan 2 sudah mencapai 9.173.836," kata Ahmad Riza.

Saat ini, pemerintah sedang mengupayakan percepatan vaksin agar meningkatkan target vaksinasi per hari. Pemerintah pun kini menargetkan dalam sehari harus bisa menyuntikkan vaksin ke 190.000-200.000 orang per hari.

"Kita mengejar target sebagaimana yang diminta Pak Jokowi agar akhir Agustus kita bisa mencapai 7,5 juta orang warga disuntik dosis dua," kata Riza.