Kejar Target Vaksinasi untuk 100.000 Orang, Ini Langkah Taspen

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 14:44 WIB
Vaksinasi Taspen
Foto: dok. Taspen
Jakarta -

PT Taspen (Persero) bekerja sama dengan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) DKI Jakarta mengadakan vaksinasi massal di kampus MM UGM Tebet, Jakarta Selatan. Vaksinasi diberikan kepada masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas.

Kegiatan pada Minggu (25/7), dibuka dan dihadiri oleh Wakil Ketua I PP Kagama yang juga Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih, Ketua Pengurus Daerah KAGAMA DKI Meinarwati, dan Ketua Panitia Vaksin KAGAMA Abiprayadi Riyanto.

A.N.S Kosasih menyampaikan pihaknya turut mendukung pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19. Salah satunya melalui program TASPEN untuk Indonesia, yaitu program vaksinasi gratis bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), karyawan TASPEN Group dan keluarganya, serta masyarakat umum. Hal ini juga sebagai upaya untuk membantu masyarakat dalam menghadapi krisis dan menggerakkan roda perekonomian Indonesia di masa pandemi.

"Sebagai BUMN Asuransi Sosial terbesar di Indonesia melalui Program Taspen untuk Indonesia kami berpartisipasi aktif mendukung pemerintah dalam percepatan vaksinasi untuk menanggulangi pandemi COVID-19," ungkap Kosasih, Minggu (25/7/2021).

Vaksinasi bersama Kagama, jelas Kosasih, merupakan bagian dari upaya Taspen untuk mencapai target vaksinasi kepada 100 ribu orang sampai akhir tahun ini. Hal tersebut diharapkan dapat mempercepat terbentuknya herd immunity.

"Bekerja sama dengan KAGAMA dalam mendukung gerakan Vaksin Untuk Indonesia, pemberian vaksin CoronaVac Sinovac untuk Kagama dan masyarakat Umum usia 18 tahun ke atas kali ini merupakan upaya mendukung apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai target vaksinasi gratis kepada sekurang-kurangnya 100.000 orang akseptor hingga akhir tahun ini. Di luar ini kami juga melaksanakan program vaksinasi gotong royong bagi sekitar 11.000 karyawan/karyawati kami dan keluarganya di seluruh Indonesia," papar Kosasih.

Selain itu, program Taspen untuk Indonesia memfasilitasi vaksinasi bagi puluhan ribu akseptor melalui Program Vaksinasi Nasional untuk lansia dan dewasa tahun ini di seluruh Indonesia. Program ini dilaksanakan bekerja sama dengan berbagai ikatan alumni sekolah dan perguruan tinggi pada bulan Mei, Juni dan Juli 2021.

Mulai pertengahan Juli 2021, imbuh Kosasih, Taspen juga memfasilitasi kegiatan vaksinasi gratis untuk anak-anak usia 12 hingga 17 tahun bekerja sama dengan Kementerian Agama serta berbagai komunitas, lembaga dan organisasi. Program ini akan terus dilanjutkan hingga akhir tahun 2021.

Selain itu, guna mencegah penularan COVID-19 dan meningkatkan kenyamanan peserta Taspen, protokol kesehatan diterapkan dalam setiap layanan yang diberikan, salah satunya dengan meniadakan sementara pelayanan secara tatap muka di Kantor TASPEN sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.

Kosasih menjelaskan Taspen menyediakan layanan TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan PENsiunan dengan PElayanan bebaS coroNA) untuk menghindari terbentuknya klaster penularan virus Corona. Layanan ini merupakan layanan berbasis daring yang meliputi 1-HOST (1-Hour Online Service by Taspen), layanan E-Klim, Tcare dan Otentikasi Digital. Seluruh peserta pensiunan dapat mengakses layanan TASPEN melalui e-klim.taspen.co.id serta mengajukan pertanyaan, keluhan, maupun mengunduh formulir klaim melalui tcare.taspen.co.id.

(akn/ega)