Sejumlah Wilayah Luar Jawa-Bali Dikabarkan PPKM Level 4 hingga 8 Agustus

Antara - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 11:55 WIB
Pemberlakuan PPKM Darurat diperpanjang. Meski begitu, Jokowi akan melonggarkan PPKM Darurat pada 26 Juli 2021 mendatang bila kasus COVID-19 di RI menurun.
Ilustrasi PPKM (Antara Foto)

Sementara di Kepri, Gubernur Ansar Ahmad menyatakan siap memberi dukungan atas kebijakan PPKM level 4 dari 26 Juli hingga 8 Agustus 2021. Hingga kini, penyebaran kasus COVID-19 di Riau masih fluktuatif.

"Kami mendukung dilanjutkan pelaksanaan PPKM level empat karena penerapan PPKM beberapa waktu sebelumnya, meskipun menurunkan angka COVID-19 sampai 30 persen di Kepri, tapi masih berfluktuasi," kata Ansar dalam rapat koordinasi penerapan PPKM level 4 di luar Jawa dan Bali secara virtual, seperti dilansir Antara, Sabtu (24/7).

PPKM level 4 di luar Jawa-Bali akan diterapkan di 45 kabupaten/kota. Di Kepri, ada dua daerah yang akan menerapkan PPKM level 4.

"Dua wilayah di Kepri, yaitu Kota Batam dan Kota Tanjungpinang, termasuk diterapkan PPKM level 4," ungkap Ansar.

Persentase peningkatan kasus COVID-19 di Kepri memang cukup besar, yakni 54,8 persen. Sementara kasus aktif Corona di Kepri per 23 Juli tercatat sebesar 8.780 kasus.

Menurut Ansar, Mendagri akan mengeluarkan instruksi terbaru mengenai PPKM level 4 di luar Jawa dan Bali paling lambat hari ini. Ansar menuturkan pihaknya saat ini terkendala soal laporan pelaksanaan testing, tracing, dan treatment COVID-19

"Kami mengambil langkah beberapa tenaga-tenaga di kantor kecamatan akan diperbantukan di puskesmas untuk merekapitulasi laporan 3T," ujar Ansar.


(zak/gbr)