Bali Terima 173.200 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Sui Suadnyana - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 18:43 WIB
Vaksin AstraZeneca dari Pemerintah Jepang tiba di Bali. (Dok. Lanud Denpasar)
Vaksin AstraZeneca dari pemerintah Jepang tiba di Bali. (Foto: dok. Lanud Denpasar)

Dikutip dari siaran pers Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Indonesia sebelumnya kembali kedatangan vaksin COVID-19 produksi AstraZeneca sebanyak 998.400 dosis pada Kamis (1/7) sekitar pukul 16.02 WIB.

Vaksin ini merupakan bantuan dari pemerintah Jepang dalam rangka mendukung penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Vaksin ini rencananya akan didistribusikan ke daerah di level 3 dan 4 untuk selanjutnya dapat diberikan kepada masyarakat.

"Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Duta Besar Jepang, pemerintah Jepang, dan seluruh rakyat Jepang atas perhatian dan bantuannya untuk membantu pengiriman vaksin AstraZeneca ke Indonesia," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar menyebutkan bantuan ini merupakan hasil dari komunikasi intensif antara Menlu Indonesia dan Menlu Jepang, yang mana perbincangan di antara keduanya berfokus pada isu doses sharing vaccine atau berbagi dosis.

Dari perbincangan keduanya, pemerintah Jepang sepakat memberikan 2,1 juta dosis vaksin yang akan dikirimkan dalam dua tahap.

Vaksin AstraZeneca dari Pemerintah Jepang tiba di Bali. (Dok. Lanud Denpasar)Vaksin AstraZeneca dari pemerintah Jepang tiba di Bali. (dok. Lanud Denpasar)

Sebagai tindak lanjut, pada 29 Juni 2021, Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta sepakat untuk menandatangani exchange of note, yang menandai kerja sama untuk penanggulangan COVID-19.

"Indonesia berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Jepang yang telah bersedia berbagi untuk melakukan doses sharing dan mendukung secara konkret upaya penanganan pandemi di Indonesia," ungkapnya.


(dnu/dnu)