Polri Salurkan 723.773 Paket Sembako-3.863 Ton Beras ke Warga Terdampak COVID

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 17:32 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit memberi bantuan ke warga yang terdampak Corona
Kapolri Jenderal Listyo Sigit memberi bantuan kepada warga yang terdampak Corona. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Mabes Polri hingga polda tercatat sudah menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 sejak diterapkannya kebijakan PPKM darurat hingga PPKM berlevel. Ada 723.773 paket sembako dan 3.863.3 ton beras yang sudah disalurkan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut bansos tersebut disalurkan kepada masyarakat yang paling terdampak perekonomiannya akibat pandemi COVID-19.

"Selama periode 3 Juli sampai 23 Juli 2021, Polri telah mendistribusikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di 34 wilayah polda sebanyak 723.773 paket sembako dan 3.863.300 kg (3.863,3 ton) beras," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (24/7/2021).

Jenderal Sigit mengatakan jajarannya telah melakukan pemetaan di wilayah masing-masing, sehingga pendistribusian bansos tersebut dipastikan tepat sasaran ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Sigit menyebut jajaran kepolisian telah diinstruksikan terus bergerak aktif dan melakukan jemput bola dalam menyalurkan bantuan sosial dari pemerintah melalui TNI, Polri, dan Kemensos.

Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan, lanjut Sigit, adalah dilaksanakannya patroli skala besar pembagian bansos kepada masyarakat di seluruh polda jajaran bersama TNI dan pihak terkait lainnya tadi malam. Patroli skala besar ini bertujuan untuk membantu serta meringankan beban masyarakat di tengah pemberlakuan PPKM level 4 saat ini.

"Seluruh polda jajaran bersama TNI dan stakeholder lainnya akan terus bergerak melakukan pembagian bansos kepada masyarakat," ujar mantan Kabareskrim Polri tersebut.

Sigit menekankan TNI-Polri dan seluruh stakeholder lainnya bakal terus bekerja sama dan bergandengan tangan untuk menekan laju pertumbuhan virus Corona di Indonesia. Di antaranya dengan membantu percepatan vaksinasi massal, penguatan PPKM mikro, hingga penyaluran bansos.

Oleh sebab itu, Jenderal Sigit berharap kepada masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin. Dengan kerja sama semua pihak, kasus COVID-19 bakal segera turun dan masyarakat bisa kembali beraktivitas.

"Semua ini kami lakukan demi keselamatan masyarakat bersama. Tentunya kita semua berharap laju pertumbuhan COVID-19 cepat turun, sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas," ucap Sigit mengakhiri.

(hri/jbr)