Tak Ada Aksi 'Jokowi End Game' di Sekitar Istana, Polisi Cari Penyebar Seruan

Yogi Ernes, Adhyasta Dirgantara, Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 15:53 WIB
Situasi terkini di kawasan Istana Negara dan Glodok, tak ada massa demo Jokowi End Game, Sabtu (24/7/2021).
Jl Medan Merdeka Barat terpantau lancar (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Seruan demo 'Jokowi End Game' untuk menolak PPKM tersebar di media sosial. Polisi menyebut seruan demo itu hoax dan akan dicari pelakunya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus memastikan tidak ada massa yang turun ke jalan berkaitan dengan adanya seruan tersebut.

"Sampai saat ini belum ada aksi sama sekali," kata Kombes Yusri di Jakarta, Sabtu (24/7/2021) siang tadi.

Sebelumnya, tersebar seruan demo 'Jokowi End Game' di media sosial. Dalam poster yang tersebar, aksi disebutkan digelar hari ini dengan melakukan long march dari Glodok ke Istana Merdeka.

Pantauan detikcom, pukul 15.30 WIB sore ini, lalu lintas di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, terpantau lengang. Sampai sore ini, tidak terlihat adanya massa yang datang lokasi.

Arus lalu lintas di Jl Medan Merdeka Barat ke arah Harmoni dan sebaliknya ke Thamrin juga dibuka. Kendaraan melintas tanpa hambatan.

Meski situasi tampak lengang, sejumlah aparat keamanan tetap berjaga di lokasi. Petugas kepolisian dan TNI terlihat masih bersiaga di kawasan Patung Kuda.

Kawasan Glodok Landai

Pantauan di kawasan Glodok, Jakarta Barat, juga sama. Sejak pagi hingga sore ini tidak ada massa aksi yang datang.

Meski begitu, polisi sudah membuat penyekatan di perempatan Ketapang untuk menutup akses ke Glodok, demi mengantisipasi demo ini.

Jalan Gajah Mada dan Jalan Sukarjo Wiryopranoto ke arah Glodok ditutup. Pengendara terpaksa memutar balik kendaraannya.

Sesekali polisi membuka penyekatan agar truk dan ambulans bisa lewat. Selain itu, para personel kepolisian diperbolehkan melintas.

Situasi saat ini tidak terjadi kemacetan, baik di Jalan Gajah Mada maupun Jalan Sukarjo Wiryopranoto. Banyak pula pengendara yang mencari jalur alternatif lain seperti jalur tikus.

Polisi juga melakukan penjagaan di depan Universitas Trisakti, Jakarta Barat. Namun tidak ada massa mahasiswa yang turun.

Meski begitu, personel TNI-Polri masih berjaga di lokasi. Kendaraan taktis water cannon juga masih terparkir di bawah flyover depan Universitas Trisakti.

Situasi terkini di kawasan Istana Negara dan Glodok, tak ada massa demo 'Jokowi End Game', Sabtu (24/7/2021).Tak ada aksi 'Jokowi End Game' di kawasan Glodok, Jakbar. Meski begitu, polisi memberlakukan penutupan arus lalu lintas di lokasi. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)


Simak di halaman selanjutnya, polisi akan cari penyebar hoax demo 'Jokowi End Game'

Lihat Video: Mahfud Md soal Seruan Demo 'Jokowi End Game': Hati-hati Ada Kelompok Tak Murni!

[Gambas:Video 20detik]



Penyebar Seruan Demo Akan Dicari

Polisi menyebut banyak informasi hoax atau bohong terkait seruan demo 'Jokowi End Game' hari ini. Polisi akan melacak yang menyebarkan informasi hoax tersebut.

"Jadi banyak berita hoax (soal demo 'Jokowi End Game') yang beredar. Tapi kami tetap antisipasi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Sabtu (24/7/2021).

Menurut Yusri, informasi soal seruan demo hari ini telah beredar di media sosial dalam beberapa hari terakhir. Salah satunya dengan menyertakan logo komunitas dari para driver ojek online (ojol). Nyatanya, komunitas ojol tidak turun demo hari ini.

"Banyak flayer yang beredar di media sosial untuk mengajak demo di Jakarta. Beberapa organisasi seperti ojol dan organisasi yang lain sudah menyatakan tidak ikut karena mereka sadar bahwa Jakarta ini tinggi angka COVID-nya," ujar Yusri.

Saat disinggung terkait penyebar informasi bohong soal demo hari ini, Yusri enggan menjawab lebih jauh. Dia menyebut pihaknya akan melacak pelaku penyebar informasi hoax tersebut.

"Nanti kita cari," tegas Yusri.

(mea/hri)