Kesal Tak Bisa Lewat, Warga Tendang Barier Penyekatan di Glodok

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 15:11 WIB
Salah satu pengendara Jebol Batas di Glodok, Jakbar
Salah satu pengendara menjebol barier penyekat di Glodok, Jakbar. (Dias/detikcom)
Jakarta -

Polisi melakukan penyekatan di perempatan Ketapang untuk menutup akses menuju Glodok, Jakarta Barat (Jakbar), demi mengantisipasi adanya demo bertajuk 'Jokowi End Game'. Sejumlah pengendara nekat menendang barier oranye yang berjejer menutup jalan supaya bisa melintas ke arah Glodok.

Pantauan detikcom, Sabtu (24/7/2021), pukul 12.27 WIB, penyekatan di Glodok dijebol pengendara. Awalnya, pengendara yang mayoritas merupakan driver ojol teriak-teriak sambil membunyikan klakson karena tidak bisa melintas.

"Saya mau ke Juanda ini, nggak bisa lewat, woy...," teriak salah satu driver ojol.

"Iya nih, saya nggak bisa lewat, kacau banget. Katanya mau ada demo, ya," ucap driver ojol lainnya bernama Alvin.

Akibat penyekatan tersebut, Jalan Gajah Mada dari arah Thamrin macet. Mereka dialihkan ke Jalan Sukarjo Wiryopranoto arah Roxy, yang juga macet.

Alhasil, para pengendara tidak sabar. Mereka menjebol penyekatan Glodok.

Ramai pengendara motor lain ikut-ikutan menerobos penyekatan tersebut karena barier penghalang sudah terjatuh. Namun, tidak lama kemudian, datang petugas polisi yang dengan sigap menghalangi para pengendara untuk tidak menerobos.

"Hei, saya dari Subuh ini pasang-pasangin penghalang malah ditendang," teriak petugas itu.

"Polisi kurang kerjaan," sahut pengendara yang berhasil melintas.

Saat ini, arus lalu lintas di Jalan Gajah Mada ke Jalan Sukarjo Wiryopranoto arah Roxy macet.

Diketahui, beredar informasi lewat seruan aksi bertajuk 'Jokowi End Game' bahwa massa akan bergerak dari Glodok, Jakarta Barat, menuju Istana Negara, Jakarta Pusat. Polisi menutup akses menuju Glodok.

Pantauan detikcom, Sabtu (24/7), sekitar pukul 09.55 WIB, polisi menutup akses menuju Glodok di perempatan Ketapang. Barier berwarna oranye berjejer menutup akses para pengendara.

Tidak ada satu pun kendaraan yang diperbolehkan melintas menuju Glodok, kecuali TransJakarta. Mereka yang melintas di Jalan Gajah Mada dari arah Thamrin dialihkan polisi ke Jalan Sukarjo Wiryopranoto arah Roxy.

Sesekali pengendara mempertanyakan kenapa akses menuju Glodok ditutup. Tanpa banyak berdebat, petugas mengarahkan mereka ke arah Roxy atau putar balik.

Tonton Video: Tak Ada Pemeriksaan STRP di Penyekatan Basura Jaktim

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)