Warga Bone Temukan Benda Diduga Bom Pesawat Saat Bersihkan Empang

Zoel Ahmad - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 20:25 WIB
Benda diduga bom pesawat ditemukan warga di Bone, Sulawesi Selatan
Benda diduga bom pesawat ditemukan warga Bone di sekitar empang. (Zoel Ahmad/detikcom)
Bone -

Desa Sumpang Minangae, Kecamatan Sibulue, Bone, Sulawesi Selatan, dibikin geger oleh temuan benda diduga bom pesawat. Benda itu ditemukan salah seorang warga saat membersihkan empang.

Benda berbahan besi dengan diameter sekitar 35 cm dan panjang 50 cm itu sudah ditemukan sejak dua bulan lalu. Tapi baru dilaporkan kepada Bhabinkamtibmas Polsek Sibulue pada hari ini.

Polres Bone kemudian meminta bantuan pengamanan dari personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel. Satu regu personel Brimob kemudian turun mengamankan lokasi penemuan benda yang diduga bom tersebut.

"Siang tadi, kami mendapat laporan tentang penemuan benda yang diduga kuat adalah bom. Ditemukan oleh nelayan tambak saat bersihkan empangnya. Jadi kami bertugas mengamankan area," kata Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (23/7/21).

Nur Ichsan, yang ikut turun di lokasi penemuan bom, menyatakan bom craft (bom pesawat) itu memiliki bobot kurang-lebih 100 kg. Dugaan sementara benda itu merupakan peninggalan Perang Dunia.

"Panjangnya sekitar 50 cm dengan diameter 35 cm, beratnya sekitar 100 kg. Benda ini diduga bom craft dari pesawat," ujarnya.

Untuk proses lebih lanjut, Nur Ichsan mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak TNI sebagai institusi yang berwenang, dalam hal ini untuk mengevakuasi benda tersebut.

"Kami di sini sebagai pengamanan. Kemudian untuk proses evakuasi dari benda ini kami telah berkoordinasi dengan Kodim 1407 Bone," ucapnya.

Hingga saat ini lokasi penemuan bom masih dijaga ketat oleh personel Brimob Batalyon C Pelopor, Koramil, dan anggota Polsek Sibulue untuk menunggu tim evakuasi tiba di lokasi kejadian.

(eva/eva)