Pesan Risma di Hari Anak Nasional: Jangan Menyerah Gapai Cita-cita

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 19:05 WIB
Pesan Mensos di Hari Anak Nasional: Jangan Menyerah Capai Cita-Cita
Foto: Dok. Kemensos
Jakarta -

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyapa ratusan anak-anak di seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke secara virtual dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2021. Dalam momen tersebut, Risma turut menyampaikan berbagai pesan sosial.

"Pada kesempatan ini, panggil saja Eyang Risma ya, ingin mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional buat anak-anak di seluruh nusantara," ujar Risma dalam keterangan tertulis, Jumat (23/7/2021).

Pertama, Risma meminta anak-anak di Tanar Air harus selalu menghormati kedua orang tua.

"Kedua, Eyang berpesan agar semua anak tidak boleh ada kata menyerah karena saat ini memang berat, seperti tidak bisa bertemu dengan teman-temen di sekolah dan sekolah pun masih daring sehingga tidak boleh putus asa ya," katanya.

Risma pun mengingatkan mereka merupakan anak-anak kebanggaan bangsa yang kelak menjadi penerus perjuangan para pendiri bangsa dan pahlawan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu ia mendorong anak-anak tersebut untuk terus mengejar cita-cita.

"Tuhan memberikan kesempatan sama dan tidak membeda-bedakan, siapa orang tua kalian, di mana dan dari mana kita berasal, sebab yang bisa dilakukan adalah berusaha dan berdoa. Anak-anakku tidak boleh menyerah tidak ada kata lelah untuk mencapai tujuan dan cita-cita, sesulit dan seberat apapun pasti kita bisa melewati dan melampauinya," terangnya.

Risma mengatakan dirinya memahami permasalahan anak-anak yang kerap merasa bosan karena harus berada di rumah dan tidak bisa bertemu teman-teman. Namun, ia mendorong agar waktu luang di rumah tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan hobi positif, seperti melukis, membaca, menanam tanaman, menyanyi dan lain sebagainya.

"Dulu Eyang suka mengumpulkan biji-bijian seperti cabe dan tomat lalu menanamnya dan hasilnya boleh diambil oleh tetangga-tetangga. Itu artinya sekecil apa pun yang bisa kita lakukan dan bermanfaat untuk orang lain, lakukanlah," tuturnya.

Selain itu, ia berpesan agar anak-anak dapat memanfaatkan internet serta gawai secara bijak. Gunakan untuk hal-hal yang positif, serta menghindari perbuatan seperti mem-bully, menjelek-jelekkan serta mengolok-olok teman.

"Yuk gunakan gawai sebaik mungkin, dengan punya banyak teman kalian bisa belajar misalnya si A ingin belajar Bahasa Indonesia atau matematika bisa minta dibantu kepada teman yang lainnya. Banyak teman dan tidak punya musuh, itu baru keren," tuturnya.

Risma juga mendorong anak-anak untuk terus mengejar dan berani mewujudkan mimpi-mimpi setinggi apapun.

"Eyang percaya anak Indonesia bisa bersaing dengan anak-anak di seluruh dunia karena kalian sama. Tidak boleh rendah diri, minder dan tidak boleh takut ingatlah kalian adalah anak dan cucu pejuang yang tercatat sejarah tidak kenal menyerah, " jelasnya.

Untuk menutup pertemuan tersebut, Risma terlihat menuliskan kalimat 'Selamat Hari Anak 2021' dengan kuas di atas kain kanvas.

Sebagai informasi, dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional 2021 yang bertema 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju', Kementerian Sosial melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial menggelar rangkaian lomba.

Beberapa di antaranya, lomba menulis dan menggambar pada 8 - 14 Juli, melukis dan foto; Webinar "Mendongeng Budayaku" pada 22 Juli, Workshop "Mimpi Anak Tangguh" pada 23 - 23 Juli, Diary Anak pada 25 Juli, Talkshow "Berbagi Lewat Hobi" pada 25 Juli, serta acara puncak perayaan Hari Anak Nasional pada 29 Juli.

Menurut Risma, sampai dengan hari ini pihaknya telah menerima 825 karya. Para pemenang lomba karya anak akan diumumkan di momen Puncak Hari Anak Nasional pada 29 Juli mendatang.

Lihat juga video 'Momen Polos Anak SD Tanya Jokowi: Kalau Jadi Presiden Ngapain Aja Pak?':

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)