Sambil Renang, Gubernur Gorontalo Umumkan Diri dan Istri Positif COVID

Ajis Khalid - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 11:20 WIB
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (Facebook Humas Gorontalo Prov)
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (Facebook Humas Gorontalo Prov)
Gorontalo -

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama istrinya Idah Syahidah dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. Kondisi keduanya stabil dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama istri Idah Syahidah umumkan positif COVID-19. Alhamdulillah, kondisi keduanya sehat dan sedang menjalani isolasi mandiri di kediaman pribadi," kata Kadis Kominfo dan Statistik Pemprov Gorontalo Masran Rauf ketika dihubungi, Jumat (23/7/2021).

Rusli Habibie mengumumkan sendiri bahwa dirinya positif COVID-19 melalui siaran langsung Facebook. Rusli, yang sedang berada di kolam renang di kediamannya di Gorontalo, menyatakan dirinya bersama istri positif COVID-19.

"Gubernur Gorontalo hari ini, Jumat, tanggal 23 Juli, saya berolahraga renang. Karena pada tanggal 21 Juli malam hari Rabu setelah saya kembali dari Kabupaten Boalemo dan Pohuwato memberikan sembako kepada korban bencana banjir bandang, saya merasa tidak enak badan," kata dia.

Rusli mengatakan tim kesehatan yang selalu mendampinginya, bersama beberapa ajudan dan sopir, juga positif COVID-19. Dia mengaku sempat melakukan rapid test antigen dan hasilnya negatif.

"Sampai di Kota Gorontalo jam 3 sore hari Rabu itu, saya rapid antigen dan saya negatif. Tapi, karena informasi ada ajudan saya, orang dekat saya, dan beberapa OPD terpapar Corona, saya suruh swab PCR dan hasilnya pada malam hari sekitar jam 11.30 malam, saya diberi tahu BPOM, saya dan Ibu positif," jelas Rusli.

Setelah dinyatakan positif, Rusli meminta tanggapan dokter spesialis paru dan dokter rumah sakit. Mereka disarankan isolasi mandiri di rumah karena tidak bergejala atau masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

Rusli mengatakan akan berfokus pada pemulihan agar dapat kembali sehat dan bekerja lagi. Dia juga mengingatkan masyarakat untuk taat pada anjuran protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Lebih banyak olahraga saja untuk meningkatkan imun. Kepada rakyatku yang kucintai, jagalah diri baik-baik. Pakai masker harga mati. Tak pakai masker mendekati mati," ujar dia.

Tonton Video: 76 Petugas Bandara Djalaludin Gorontalo Positif Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)