Mantan Sekda Buleleng Jadi Tersangka Kasus Suap Izin Pembangunan Bandara

Sui Suadnyana - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 19:33 WIB
Konferensi pers kasus gratifikasi eks Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, DKP
Konferensi pers kasus gratifikasi eks Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, DKP (Dok. Kejati Bali)
Denpasar -

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Bali, berinisial DKP ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali. DKP diduga telah menerima sejumlah gratifikasi, termasuk dalam pembangunan Bandara Bali Utara.

"Gratifikasi diterima dari beberapa orang dalam rangka membantu mempercepat pengurusan izin pembangunan Bandara Bali Utara di pusat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kejati Bali, Hutama Wisnu, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (22/7/2021).

Menurut Wisnu, penyerahan uang terkait permintaan DKP tersebut dilakukan sebanyak 3 kali pembayaran pada tahun 2018 dan 2019. Selain itu, DKP diduga telah menerima gratifikasi dari pihak perusahaan dalam pengurusan izin pembangunan terminal penerima liquefied natural gas (LNG) atau gas alam cair di Celukan Bawang.

Masih berdasarkan keterangan tertulis Hutama Wisnu, DKP juga diduga menerima gratifikasi terkait penyewaan lahan di Tanah Desa Yeh Sanih di Kabupeten Buleleng. Gratifikasi dilakukan oleh perusahaan sejak 2015 hingga 2019.

Dari berbagai gratifikasi tersebut, dugaan sementara DKP telah menerima gratifikasi sebanyak Rp 16 miliar. Pihak Kejati Bali mengganjar DKP dengan Pasal 11 atau Pasal 12 huruf (a), atau huruf (b), atau huruf (g), Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kejati Bali juga tengah melakukan penyidikan terhadap perkara ini atas dugaan tindak pidana pencucian uang sesuai Pasal 3, Pasal 4, dan Pasal 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Penyidikan baru dimulai pada 19 Juli 2021.

Lihat juga video 'Kronologi OTT Bupati Nganjuk di Kasus Suap Jual-Beli Jabatan':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)