Selebgram Ngamuk Diminta Suket RT di Soetta, Satgas Jelaskan Aturan Terbang

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 18:55 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Selebgram Gebby Vesta marah-marah karena diminta menunjukkan surat keterangan (suket) dari RT/RW setempat saat hendak melakukan perjalanan via Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Satgas Penanganan COVID-19 mengingatkan adanya penebalan aturan perjalanan selama PPKM level 3-4.

"Demi mencegah potensi lonjakan kasus di periode libur panjang Idul Adha, maka Satgas sejak 18 hingga 25 Juli memberlakukan tambahan peraturan perjalanan, yang diatur dalam Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 15 Tahun 2021, yang tidak menghilangkan pemberlakuan SE Satgas Nomor 14 terkait pelaku perjalanan sebelumnya, sehingga bersifat kebijakan penebalan," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam jumpa pers, Kamis (22/7/2021). Wiku menjawab pertanyaan perihal polemik Gebby Vesta yang diminta suket RT-RW.

Wiku memaparkan bahwasanya perjalanan ke luar daerah tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Bagi mereka yang diperbolehkan melakukan perjalanan keluar daerah wajib memiliki surat tanda registrasi pekerja (STRP).

"Selama masa penebalan, kebijakan perjalanan orang keluar daerah untuk sementara dibatasi hanya untuk pekerja sektor esensial dan kritikal, serta perorangan untuk keperluan mendesak," terang Wiku.

"Pelaku perjalanan yang dikecualikan ini wajib menunjukkan STRP, yang dapat diakses pekerja dari pimpinannya di instansi pekerjaan atau untuk masyarakat dari pemda setempat," imbuhnya.

Seperti diketahui, peristiwa Gabby Vesta marah-marah karena diminta menunjukkan suket dari RT/RW setempat saat hendak melakukan perjalanan via Bandara Soetta viral di media sosial. Dalam video yang beredar, Gebby Vesta mengeluhkan karena diminta menunjukkan suket dari RT/RW, sementara dia sudah membawa sertifikat vaksin dan hasil swab PCR.

"Jadi semuanya, ini vaksin nggak ada gunanya. Jadi kita sekarang mau terbang harus ada surat jalan dari RT/RW setempat dan saya nggak tahu ini info dari mana," ujar Gebby Vesta seperti dilihat detikcom, Kamis (22/7).

Gebby Vesta mengatakan dirinya percuma melakukan vaksin karena tidak dapat naik pesawat. Dia juga menyebut tidak ada gunanya PCR.

"Jadi sekarang kalau kalian nggak mau vaksin nggak apa-apa, nggak usah vaksin percuma. Terbang juga nggak guna ini vaksinnya. Ini nggak guna, ini nggak guna sama sekali. Udah PCR mahal-mahal juga nggak guna," ketusnya.

Tonton video 'Satgas Tanggapi Selebgram Marah-marah Naik Pesawat Harus Pakai Suket RT':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/imk)