Terungkap Siasat Ferdy Yuman Sembunyikan Nurhadi Saat Jadi Buron KPK

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 16:15 WIB
Sidang Ferdy Yuman di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (22/7/2021). Foto: Zunita Putri/detikcom
Sidang Ferdy Yuman di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (22/7/2021). (Zunita Putri/detikcom)
Jakarta -

Jaksa KPK mengungkapkan cara terdakwa Ferdy Yuman membantu mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi, dan menantunya, Rezky Herbiyono, bersembunyi saat menjadi buron KPK. Ferdy ternyata membantu mencari rumah sewa untuk Nurhadi di kawasan Jakarta Selatan.

Hal itu terungkap dalam sidang Ferdy di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (22/7/2021). Jaksa dalam sidang ini menghadirkan tiga orang saksi yakni Ricky Anugrah Wiratama, Adiwono Dewantoro dari agen properti, dan Ni Putu Nena yang merupakan seorang notaris.

Ketiganya mengaku pernah berhubungan dengan Ferdy ketika Ferdy hendak menyewa rumah di Jalan Simprug Golf, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Ricky dan Adi adalah agen properti yang dikontak Ferdy, sementara Nena adalah perwakilan pemilik rumah yang disewa.

Adiwono mengatakan awalnya ada pihak yang menghubunginya untuk menyewa sebuah rumah, namun pihak yang menghubunginya itu bukan Ferdy, tetapi orang bernama Sesco. Kemudian setelah Sesco survei ke rumah itu, baru Ferdy menghubungi Adi guna melanjutkan proses sewa rumah.

"Tiba-tiba Pak Ferdy hubungi saya kasih penawaran harga, (sebelum Ferdy telepon) Jadi Sesco bilang nanti ada orang saya hubungi, terus saya deal dengan harga sekian, katanya kalau bisa saya secepatnya (tinggali rumah)," ujar Adi saat bersaksi.

Adi mengatakan saat itu Ferdy terlihat tergesa-gesa ingin menempati rumah itu. Adi juga menyebut Ferdy langsung membawa uang tunai sebesar Rp 420 juta untuk membayar menyewa rumah itu selama 1 tahun dan menempati rumah itu keesokan harinya.

"(Alasan buru-buru menempati rumah) bilanya karena rumahnya di Kelapa Gading banjir dan harus segera. Seingat saya (alamat KTP) bukan di Kelapa Gading, seingat saya di Surabaya," ucal Adi.

Saksi Lihat Menantu Nurhadi

Selain itu, Adi mengaku pernah tiga kali mendatangi rumah yang disewakan Ferdy setelah rumah itu ditempati. Adi mengaku pernah melihat orang lain selain Ferdy di rumah itu.

Jaksa KPK pun menunjukkan foto Nurhadi dan menantu Nurhadi, Rezky Herbiyono. Adi mengaku pernah melihat Rezky dua kali di rumah itu.

"(Selain Ferdy) Ada anak muda, suami istri sama anak kecil 2," kata Adi.

"Apakah bertemu orang ini?" tanya jaksa KPK sambil menampilkan foto Rezky Herbiyono.

"Iya cuma waktu itu dia (Rezky) pakai masker saat hari ketiga. Hari kedua (lihat) dia datang dengan mobil, hari ketiga dia mau keluar," jawab Adi.

Hal yang sama dikatakan Ni Putu Nena selaku wakil dari pemilik rumah. Nena mengatakan hal yang sama, yakni melihat anak muda sepasang suami-istri dan anak kecil.

"Ada keluarga. Ada suami istri berdua, ada anak kecil juga," kata Nena.

"Apa ada yang tuanya?" tanya jaksa.

"Nggak ada. Ada tukang bersih-bersih sudah cukup umur," kata Nena.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak juga 'Jejak Kasus Eks Sekretaris MA Nurhadi Hingga Divonis 6 Tahun Bui':

[Gambas:Video 20detik]