Cerita Anak-anak Divaksin COVID di SDN 01 Duri Pulo: Nggak Takut Disuntik

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 15:31 WIB
Vaksinasi di SD 01 Pulo Duri (Karin Nur Secha/detikcom)
Vaksinasi di SD 01 Duri Pulo, Jakarta (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Gerai vaksin COVID-19 keliling TNI-Polri hadir di SDN 01 Duri Pulo, Jakarta Pusat. Banyak warga, khususnya anak-anak, yang antusias mendatangi gerai vaksin.

Pantauan detikcom pukul 15.00 WIB, di lokasi terlihat banyak anak-anak dengan seragam lengkap mendatangi gerai vaksin. Bahkan, anak-anak tersebut terlihat juga ada yang memakai sepatu, selayaknya pergi ke sekolah.

Mereka terlihat duduk rapi di kursi yang telah disediakan. Salah satu anak, Reyna (12), mengatakan sangat antusias untuk mengikuti vaksinasi dan tidak takut untuk divaksinasi.

"Nggak takut vaksin, karena memang pengin divaksinasi biar bisa main lagi," kata Reyna di lokasi, Kamis (22/7/2021).

Reyna diantar oleh orang tuanya ke lokasi vaksin. Selain itu, anak lainnya Rio (16) mengatakan juga tidak takut divaksinasi.

"Nggak apa-apa vaksin, nggak takut juga. Senang, Kak, akhirnya bisa vaksin," singkat Rio.

Ditemui di lokasi yang sama, Kapolsek Gambir AKBP Kade Budiyarta mengatakan menargetkan 300 dosis vaksinasi setiap harinya. Vaksin di lokasi ini bersifat jemput bola ke permukiman warga padat penduduk.

"Jadi kita lihat ini kan, kalau jauh, warga pada malas. Mungkin dari Duri Pulo butuh waktu dan butuh kendaraan. Mungkin waktu mereka juga terbatas, dan menurut mereka jarah tempuhnya menghabiskan waktu. Nah, ini yang kita samperin untuk mereka mau melaksanakan vaksin," jelas Budi.

Budi menargetkan 20.155 warga Duri Pulo dapat divaksinasi. Sedangkan vaksinator di gerai ini merupakan sukarelawan TNI-Polri dari Polres Metro Jakarta Pusat dan Dandim 0501.

"Syarat vaksinator intinya harus dokter dan perawat. Syarat untuk yang mau vaksin sedia KTP/KIA dan sehat, karena akan ada yang namanya screening," kata Budi.

(isa/isa)