KPK Laporkan Tembakan Laser 'Berani Jujur Pecat', MAKI: Ini Langkah Mundur!

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 11:16 WIB
Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mendatangi gedung KPK. Kedatangannya untuk beri bukti tambahan terkait pelanggaran kode etik Ketua KPK, Firli Bahuri.
Foto: Boyamin Saiman (Ari Saputra)

KPK Lapor Polisi

KPK pun tak tinggal diam. KPK melaporkan tindakan itu ke pihak Polres Metro Jakarta Selatan.

"Terkait peristiwa penyinaran laser ke arah Gedung KPK pada tanggal 28 Juni 2021 sekitar pukul 19.05 WIB oleh pihak eksternal, benar, KPK melalui Biro Umum telah melakukan koordinasi dan pelaporan kepada Polres Jakarta Selatan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (19/7).

Ali menerangkan, pelaporan itu dilayangkan karena ada pihak luar yang sengaja mengganggu ketertiban dan kenyamanan di kantor KPK. Menurut Ali, tindakan itu tidak sepatutnya dilakukan di kantor lembaga antirasuah yang merupakan objek vital nasional.

Sebelumnya, gedung Merah Putih KPK ditembaki laser yang menyuarakan kritik ke KPK pada Senin (28/6) malam. Salah satu kritik yang dilontarkan melalui tembakan laser itu adalah 'Berani Jujur Pecat'.

Aksi ini dilakukan oleh Greenpeace Indonesia yang dikoordinatori oleh Asep Komaruddin. Asep mengatakan aksinya ini merupakan tindakan untuk menyelamatkan lembaga antirasuah itu dari upaya pelemahan.

"Upaya pelemahan KPK ini akan semakin memperburuk integritas KPK sebagai lembaga antikorupsi di negeri ini," ujar Asep.


(maa/maa)