PPKM Level 4, Pos Penyekatan di Lenteng Agung Jaksel Macet Pagi Ini

Nur Aziza - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 08:39 WIB
Jakarta -

Arus lalu lintas di pos penyekatan PPKM level 4 Lenteng Agung arah Pasar Minggu macet pagi ini. Penumpukan kendaraan terjadi akibat adanya pemeriksaan surat tanda registrasi pekerja (STRP).

Berdasarkan pantauan pada Kamis (22/7/2021) pukul 08.10 WIB, kendaraan mengular dari titik penyekatan, tepatnya depan flyover tapal kuda-Tanjung Barat hingga 200 meter. Kendaraan yang hendak melintas ke arah Pasar Minggu didominasi kendaraan roda dua. Kendaraan roda empat juga antre untuk diperiksa.

Pos PPKM level 4 di Lenteng Agung ini dijaga oleh aparat gabungan TNI, Polri, Dishub, dan Satpol PP. Terdapat dua jalur penyekatan, yaitu khusus lajur nakes dan non-nakes, yang dibagi lagi menjadi dua lajur kendaraan roda empat dan roda dua.

Petugas berjaga di dua jalur ini dan memeriksa STRP serta surat tugas pengendara. Pengendara pun tampak menyiapkan STRP untuk diperiksa petugas.

Pengendara yang memiliki STRP akan diloloskan petugas melintas ke arah Pasar Minggu, sedangkan yang tidak punya STRP akan diputarbalikkan ke arah Lenteng Agung naik ke flyover tapal kuda.

Pengendara tertib mengantre untuk diperiksa. Meski demikian, suara klakson masih bersahutan. Petugas tak hanya menanyakan STRP, tetapi juga tujuan pengendara.

Salah satu petugas mengatakan rata-rata pengendara yang ingin melintas hendak berangkat ke kantor dan kebanyakan bidang perbankan. Beberapa pengendara juga saat ditanyai petugas mengaku baru pulang dari kantor karena shift malam.

Terkhusus pengemudi ojek online (ojol) petugas langsung diizinkan melintas.

"Grab langsung jalan," tutur petugas di titik penyekatan, Kamis (22/7). Namun sesekali juga petugas mengarahkan pengemudi ojol yang membawa penumpang tidak bawa STRP untuk putar balik naik ke flyover tapal kuda.

Suasana Pos Penyekatan PPKM Level 4 di Mampang

Pantauan detikcom di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, tampak sejumlah petugas berjaga di pos penyekatan PPKM level 4. Tak ada antrean panjang kendaraan di pos penyekatan ini. Para pengendara yang hendak melintas diminta menunjukkan STRP.

(idn/idn)