Round-Up

Buntut Panjang Urusan Selebgram Herlin Kenza Usai Kerumunan Diusut

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 08:02 WIB
Selebgram Herlin Kenza dihujat karena bikin kerumunan di Aceh
Selebgram Herlin Kenza (Dok.pribadi/Instagram @herlinkenza)

Pemilik Toko Diperiksa

Pemilik toko grosir di Lhokseumawe, Aceh, yang mengundang Herlin Kenza telah diperiksa polisi. Pemilik toko itu terancam dijerat dengan Undang-Undang Karantina Kesehatan.

"Pemilik toko telah dilakukan pemeriksaan bersama beberapa orang saksi," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy saat dimintai konfirmasi.

Winardy mengatakan kasus itu bakal diproses hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dia kemudian mencontohkan ada pemilik usaha yang disanksi gara-gara membuat kerumunan di tengah pandemi Corona.

"Pemilik toko berpeluang dikenai Pasal 93 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 juncto Pasal 55 KUHP tentang Kekarantinaan Kesehatan," ujar Winardy.

Oknum Polisi Kawal Herlin Kenza Diperiksa Propam

Oknum polisi yang mengawal kedatangan Herlin Kenza saat mempromosikan salah satu toko di Lhokseumawe tersebut juga diperiksa Propram. Oknum polisi itu akan diberi sanksi jika bersalah.

"Memang benar ada pengawalan dan anggota yang kawal sudah kita periksa," kata Kombes Winardy.

Polisi tersebut diperiksa sebagai saksi dalam kasus kerumunan saat pandemi Corona yang tengah diselidiki Satuan Reskrim Polres Lhokseumawe. Menurut Winardy, pemeriksaan polisi tersebut dilakukan Propam Polres Lhokseumawe.

"Kita periksa untuk diberikan tindakan disiplin oleh Kapolres," jelas Winardy.


(haf/haf)