Airlangga: Bagi yang Isolasi Mandiri, Saya Doakan Diberi Kesabaran

Khoirul Anam - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 19:50 WIB
Ketum Golkar Airlangga Hartarto
Foto: Golkar
Jakarta -

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mendoakan agar warga yang sedang isolasi mandiri akibat COVID-19 diberikan kesabaran dan segera diberi kesembuhan. Harapan tersebut dipanjatkan saat melakukan penyerahan hewan kurban secara simbolis di kantor DPP Partai Golkar.

"Bagi saudara-saudara kita yang sedang isolasi mandiri, saya doakan agar diberikan kesabaran untuk tidak berkumpul dahulu bersama keluarga. Langkah isolasi mandiri harus dilakukan agar tidak menularkan kepada orang lain dan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19," kata Airlangga dalam keterangannya, Rabu (21/7/2021).

Dalam acara itu, Menteri Koordinator Perekonomian ini menyampaikan bahwa pandemi COVID-19 tak menyurutkan kita untuk beribadah.

"Kita bertawakal kepada Allah seraya berdoa agar pandemi COVID-19 ini segera berakhir dan mendoakan saudara-saudara kita yang positif COVID-19 segera sembuh dan pulih kembali" ujar Airlangga.

Sebagai informasi, Airlangga menyerahkan secara simbolik 27 hewan kurban yang terkumpul di DPP Partai Golkar kepada warga sekitar kantor DPP Partai Golkar, organisasi keagamaan, dan yayasan yatim piatu yang berada di Jabodetabek. Penyerahan hewan kurban disertai dengan pembagian 3000 paket sembako kepada warga yang terdampak pandemi COVID-19.

Airlangga melanjutkan bahwa Idul Adha merupakan momentum yang tepat bagi untuk berbagi dan membangun solidaritas serta gotong royong.

"Dengan membagikan hewan kurban disertai paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan menunjukan bahwa Partai Golkar hadir di tengah-tengah masyarakat," kata Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini.

Apalagi saat ini, ujarnya, pemerintah sedang menerapkan kebijakan pengetatan mobilitas melalui PPKM. Oleh karena itu, kata dia, pembagian daging hewan kurban dan sembako dapat meringankan kebutuhan bagi mereka yang terdampak.

Airlangga juga mengingatkan kader Partai Golkar untuk mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

"Kader Partai Golkar harus menjadi teladan untuk mematuhi protokol Kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Sebab hulu dari penanganan COVID-19 ini, kedisiplinan masyarakat terhadap protokol Kesehatan," tambahnya.

Partai Golkar, kata Airlangga, mendukung sepenuhnya program vaksinasi nasional sebagai upaya untuk menciptakan kekebalan komunitas.

"Melalui Yellow Clinic, Partai Golkar telah melakukan melakukan vaksinasi sebanyak 40.000 di berbagai daerah di Indonesia," ujarnya.

Sebagai Ketua Umum Partai Golkar, ia juga menginstruksikan kepada kadernya yang menjadi kepala daerah maupun anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota untuk membuat peraturan yang mendukung terhadap penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

"Saya minta kebijakan yang dikeluarkan pemerintah daerah yang dipimpin kader Partai Golkar harus sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dalam penanganan COVID-19 ini," ujarnya.

Dalam situasi seperti ini, menurutnya, diperlukan gerak langkah yang sama agar penanganan COVID-19 ini dapat segera diselesaikan.

Dalam laporan penyelenggaraan kurban Partai Golkar, Ketua DPP Partai Ace Hasan Syadzily menyampaikan bahwa 27 hewan kurban akan dibagikan kepada warga sekitar lingkungan Kantor DPP Partai Golkar, organisasi keagamaan Partai Golkar, yayasan yatim piatu di Jabodetabek.

"Selain hewan kurban, Partai Golkar juga membagikan sembako bagi warga yang terdampak akibat pengetatan mobilitas sosial masyarakat," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini.

Ace menyampaikan bahwa proses pemotongan hewan kurban dilakukan di rumah potong hewan (RPH) sebagaimana anjuran pemerintah. Hal ini dilakukan dalam rangka menghindari kerumunan yang berpotensi terjadinya penularan COVID-19.

(ega/ega)