Doa Wapres Ma'ruf Amin Selama Hadapi Pandemi Covid-19

Deden Gunawan - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 16:39 WIB
Jakarta -

Pandemi Covid-19 dikatakan sejumlah ahli masih jauh dari selesai. Untuk itu Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin memberi wejangan agar dalam menghadapi pandemi ini masing-masing melaksanakan tugas dan fungsi yang diberikan oleh Allah.

"Yang kita mampu kita lakukan dan yang tidak bisa tentu ada orang lain yang mengerjakannya," kata Ma'ruf Amin dalam program Blak-blakan di detik.com, Rabu (21/7/2021).

Selain berikhtiar, mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu melanjutkan, setiap umat beragama diwajibkan untuk berdoa. Karena manusia tidak ada daya selain atas bantuan Allah.

Adakah doa khusus yang dipanjatkannya selama masa pandemi? Wakil Presiden KH Maruf Amin mengaku tak punya doa sebagai amalan khusus selama pandemi covid-19. Tapi dia mengaku biasa memanjatkan doa, Lā haula wa lā quwwata illā billāhil 'aliyyil azhīmi.

"Dengan doa itu kita memohon karena tidak ada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah dengan inayah dan himayahNya (pertolongan dan penjagaan Allah SWT)," kata Kiai Ma'ruf Amin.

Doa tersebut pada intinya mengajarkan agar manusia bekerja dan berupaya sebaiknya sesuai dengan kemampuan masing-masing, seraya meminta pertolongan dan perlindungan Allah.

Sebagai kiai, dia mengingatkan agar kita jangan sesumbar akan bisa melakukan ini-itu. "Tapi sebaiknya mengatakan "insya Allah" dengan Wa Imayati Wal Himayah. Setelah itu selesaikan kepada Allah," ujar mantan Ketua Umum MUI itu.

Ikhtiar lainnya adalah selalu menyempatkan diri untuk berolah raga, mengkonsumsi makanan sehat, dan istirahat yang cukup. "Semua disesuaikan dengan kondisi umur saya," ujarnya.

Saat ditanya apakah dirinya pernah terpapar virus corona, Wapres KH Ma'ruf Amin menyatakan belum pernah dan berharap jangan sampai terpapar. "Alhamdulillah belum, jangan. Saya tidak mau sampai terpapar agar bisa tetap bekerja membantu Bapak Presiden," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]



(jat/erd)