Sederet Upaya Charoen Pokphand Bantu Penanganan Pandemi di RI

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 12:59 WIB
CPI
Foto: Screenshoot/detikcom
Jakarta -

Peningkatan kasus COVID-19 hingga kini masih terjadi di Indonesia. Melihat hal ini, PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) turut berkontribusi dalam penanganan pandemi, salah satunya melalui penyaluran bantuan makanan siap saji bagi para tenaga kesehatan.

"Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan kasus COVID-19 yang cukup besar. Dalam kondisi seperti ini diperlukan kerja sama dan gotong royong sikap berbagai pihak untuk mengatasi masalah ini," ujar General Manager Human Capital CPI, Syafri Afriansyah dalam acara Penyerahan CSR Ready Meal CPI ke PMI dan RS di Indonesia, Rabu (21/7/2021).

"Untuk itu, PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk melalui Charoen Pokphand Foundation Indonesia merasa terpanggil untuk ikut membantu dengan memberikan makanan bergizi siap saji Fiesta Ready Meal yang diproduksi oleh PT Prima Food," katanya.

Sementara itu, Sekjen CPI Andi Magdalena menyampaikan sejak awal pandemi pihaknya telah menyalurkan berbagai bantuan dalam penanganan pandemi COVID-19. Adapun bantuan tersebut berupa telur, APD, hingga makanan siap saji bagi para tenaga kesehatan.

"Pada awal pandemi, CSR pembagian telur terhadap lini masyarakat dari Sumatera sampai Papua kami lakukan. Demikian pula pemberian telur rutin kepada rumah sakit, alat pelindung juga kami serahkan di berbagai pelosok Tanah Air. Pada 12 Maret 2020, kami luncurkan CSR bekerja sama dengan Universitas Yarsi memberikan Ready Meal untuk tenaga kesehatan," paparnya.

Andi mengatakan pemberian bantuan berupa produk Ready Meal bertujuan untuk memenuhi asupan gizi para tenaga kesehatan. Mengingat produk ini tidak mengandung bahan pengawet dan mengandung gizi.

"Produk Ready Meal yang diberikan tanpa tambahan bahan pengawet karena diproduksi secara higienis dan dengan pembekuan melalui metode individual quick freezing (IQF) yang dapat menjaga kualitas rasa, tekstur dan nilai gizi. Bahan baku yang digunakan juga berkualitas kaya akan protein dan karbohidrat," katanya.

Dikatakan Andi, penyaluran bantuan produk Ready Meal telah berlanjut hingga 16 rumah sakit utama di Indonesia, termasuk RS Darurat Wisma Atlet. Adapun total bantuan Ready Meal yang telah disalurkan pada tahun 2020 sebanyak 416.904 pcs atau senilai lebih dari Rp 6,8 miliar.

"Distribusi rutin dilakukan hingga 31 Desember 2020. Total donasi Ready Meal pada saat itu senilai tidak kurang dari Rp 6,8 miliar lebih belum termasuk telur dan APD," paparnya.

Selain makanan siap saji, CPI juga ikut membantu memberikan berupa pakaian APD kepada para tenaga kesehatan. CPI juga memberikan bantuan berupa telur yang dibagikan rutin kepada lebih dari 50 rumah sakit dan dapur umum se-Indonesia, serta kepada masyarakat terdampak pandemi.

Ke depan, Andi mengungkapkan pihaknya berencana untuk memperluas bantuan ke rumah sakit lainnya. Bahkan, sejak minggu lalu dan hari ini pihaknya telah mendistribusikan telur dan Ready Meal bagi para tenaga kesehatan.

"Kali ini penularan (COVID-19) yang tidak kita inginkan terulang kembali. Charoen Pokphand Indonesia kembali memberikan bantuan, distribusi Ready Meal dan telur telah kami lakukan sejak minggu lalu dan hari ini," ungkapnya.

"Adapun RS penerima CSR Ready Meal kami rencanakan bertambah lebih banyak lagi daripada periode pertama. Kami berharap bantuan dapat meringankan masyarakat dan untuk petugas dan relawan COVID-19 mendapatkan gizi yang cukup dalam menangani pandemi ini," pungkasnya.

(akn/ega)