Dikebut, Vaksinasi di Jatim Ditargetkan Tuntas Agustus 2021

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 21:29 WIB
TNI
Foto: dok. TNI
Jakarta -

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) mendorong pelaksanaan program 'Serbuan Vaksin' untuk mempercepat target herd immunity atau kekebalan komunitas. Kapendam V/Brawijaya, Kolonel Arm Imam Haryadi mengatakan program ini akan digencarkan secara masif dan merata di wilayah Jawa Timur (Jatim) hingga ke pemukiman padat penduduk dan desa-desa.

Menurut Imam, pihaknya telah menyiapkan ribuan dosis vaksin bagi warga Jawa Timur dan akan terus bertambah sesuai dengan ketersediaan vaksin. Dia menyebut hingga saat ini Jatim menjadi wilayah dengan tingkat vaksinasi tertinggi, yakni mencapai 6,6 juta dosis.

"Ini salah satu upaya kita untuk mencegah penyebaran COVID-19 khususnya di wilayah Jawa Timur," ujar Imam dalam keterangan tertulis, Selasa (20/7/2021).

Diungkapkannya, Kodam Brawijaya juga telah menggelar vaksinasi di lapangan Makodam V/Brawijaya pada Senin (19/7) kemarin. Adapun 'Serbuan Vaksin' itu mendapat respons positif dari masyarakat, terlihat dari tingginya animo masyarakat yang berbondong-bondong mendaftarkan diri mengikuti vaksinasi.

Imam menilai dengan kerja sama pemerintah daerah dan Polda Jatim, pelaksanaan vaksinasi di seluruh wilayah Jawa Timur ditargetkan tuntas pada Agustus 2021 mendatang. Selain program Serbuan Vaksin, menurutnya Kodam V/Brawijaya juga membangun RS lapangan di RST dr Soepraoen untuk membantu RS umum yang telah kewalahan menampung pasien COVID-19.

Simak video 'Jokowi: Sekarang Kuncinya Hanya Dua, Percepat Vaksin dan Pakai Masker':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)