Penampakan Sapi Kurban Jokowi Seberat 1,2 Ton di Masjid Istiqlal

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 12:30 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyerahkan sapi limosin seberat hampir 1,2 ton kepada pihak Istiqlal untuk disembelih esok hari. Ini penampakannya.

Pantauan detikcom pada Selasa (20/7/2021) pukul 12.00 WIB di pintu Al-Ghaffar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, sapi tersebut ditambatkan di tenda di depan pintu VVIP Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Ada dua sapi di lokasi ini.

Wakil Kepala Bagian Humas Istiqlal Amaq Dalilah mengatakan sapi limosin milik orang nomor satu di Indonesia ini diantarkan oleh Sekretariat Negara sejak kemarin. Selain sapi milik Jokowi, di dalam tenda tersebut terdapat sapi milik Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin.

"Kemarin baru diserahkan oleh sekretariat negara sapi jenis limosin. Beratnya sekitar 1,19 ton, jadi 1.190 kilogram," kata Amaq saat dihubungi, Selasa (20/7/2021).

Amaq mengatakan penyembelihan hewan kurban akan dilakukan secara terbatas di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Istiqlal. Penyembelihan akan dilakukan oleh petugas dari RPH Pulogadung.

Sedangkan pendistribusian daging kurban akan dilakukan melalui yayasan dan masjid-masjid di wilayah Jakarta. Untuk selanjutnya, diantarkan secara door to door ke warga.

"Untuk sekarang karena ada PPKM, kita terbatas jadi sesuai arahan Satgas diantar ke beberapa yayasan atau lembaga masjid yang sudah terdaftar oleh panitia penyaluran. Jadi ke wilayah masjid Jakarta diantar, karena sudah terdaftar nanti koordinasi satgas setempat," jelasnya.

Selain sapi milik Jokowi dan Ma'ruf, Amaq mengatakan pihaknya menerima sapi milik sejumlah pejabat. Di antaranya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

"Ada dari Kemenhub, ada Menteri Agama, ada Kapolri, dan Kapolda satu-satu," ucapnya.

"Total sampai hari ini baru menerima sekitar 10 dari panitia. 10 sapi dan 7 kambing. Tapi saya belum dapat laporan terbaru dari panitia," sambung Amaq.

(hri/hri)