e-Life

Potensi Konflik Jika Menikah Saat Pandemi PPKM

dtv - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 10:27 WIB
Jakarta -

Acara pernikahan menjadi salah satu aspek yang terkena dampak dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Pasangan artis Calvin Jeremy dan Novia Santoso merupakan salah satu pasangan yang memutuskan untuk menggelar pernikahan pada saat pemberlakuan PPKM darurat, tepatnya pada 10 Juli 2021 lalu.

Tentunya terdapat perbedaan dalam mempersiapkan pernikahan saat pandemi. Menurut Calvin, hal yang paling penting dalam mempersiapkan pernikahan adalah komunikasi dan empati. "Jadi makanya penting sekali nomor satu adalah komunikasi, dan kedua empati, supaya kita bisa tahu lagi esensi dari semua itu apa," jelas Calvin pada program e-Life di detikcom.

Komunikasi yang dibangun tidak hanya antara calon pengantin, tetapi juga dengan orang tua. Perbedaan pendapat dengan orang tua pun rentan terjadi sebelum acara pernikahan. Jika hal tersebut terjadi, jangan jadikan orang tua sebagai lawan, namun baiknya dengarkan dahulu apa yang ingin mereka sampaikan. "Jadi jangan jadikan mereka itu sebagai lawan kita. Denger dulu, apa aspirasinya," tambah Calvin.

Selain itu, perencanaan pernikahan pun harus dikomunikasikan dengan baik. "Perencanaan tersebut sebenarnya anak turunan dari inti yang pertama tadi komunikasi. Perencanaan budget, ekspektasi kalian, segala macam," ungkap Calvin.

Maryani, Owner dari Chandira Wedding Organizer & Planner pun mengatakan hal yang sama, bahwa komunikasi merupakan poin penting dalam mempersiapkan pernikahan pada kondisi saat ini. "Dan tadi ya betul sekali, komunikasi itu jadi poin paling penting di tengah kondisi yang tidak menentu seperti ini," jelas Maryani.

Setelah berkomunikasi dengan pasangan dan keluarga, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan budget, konsep, dan vendor pernikahan. "Jadi setelah komunikasi tadi, kemudian budgeting-nya, kemudian baru konsepnya, baru mencari vendor-vendor yang tepat yang sangat bisa bekerja sama nanti ke depannya, itu yang paling penting," tutup Maryani.

(gah/gah)