Jokowi: Bila Pembatasan Dilonggarkan dan Corona Naik Lagi, Faskes Kolaps!

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 23:00 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengar aspirasi yang mengharapkan agar pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat dilonggarkan. Di suasana pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, berbahaya jika pelonggaran PPKM darurat dilakukan.

"Saya paham ada aspirasi agar kegiatan sosial masyarakat dan ekonomi bisa dilonggarkan. Hal semacam ini bisa dilakukan jika kasus penularan rendah, jika kasus kronis yang masuk ke rumah sakit juga rendah," kata Jokowi seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (19/7/2021).

Jokowi berbicara dalam pengarahan untuk para kepala-kepala daerah se-Indonesia. Soal pelonggaran pembatasan saat pandemi Corona, itu bakal berakibat bahaya bila kasus COVID-19 menanjak kembali karena bisa membuat fasilitas kesehatan (faskes) terkena dampaknya.

"Bayangkan kalau pembatasan ini dilonggarkan, kemudian kasusnya naik lagi, dan kemudian rumah sakit tidak mampu menampung pasien-pasien yang ada. Ini juga akan menyebabkan fasilitas kesehatan kita menjadi kolaps. Hati-hati juga dengan ini," tutur Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi bilang butuh napas panjang: