Doa Anies di Idul Adha: Semoga Allah Kuatkan yang Berjihad Lawan Pandemi!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 22:33 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Karin/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat Idul Adha 1442 H. Anies memiliki doa tersendiri pada Idul Adha di tengah pandemi Corona yang belum berakhir tahun ini.

"Tahun ini kembali kita harus merayakan Idul Adha dalam suasana pandemi yang malah lebih berat dari tahun lalu. Kita semua pasti merasakan kekecewaan tidak bisa merayakan Idul Adha dalam suasana penuh kemeriahan, bahkan sebagian dari kita terpaksa memundurkan rencana menunaikan ibadah haji yang telah didambakan sejak lama," kata Anies dalam video yang ditayangkan di YouTube Anies Baswedan, Senin (19/7/2021).

Anies merasakan betapa beratnya pengorbanan yang harus dijalani saat Corona semakin menggila. Untuk itu, dia menyampaikan apresiasi kepada seluruh warga yang telah ikut membantu menyelamatkan nyawa sesama dengan cara mengurangi mobilitas, menjaga protokol kesehatan secara ketat, mengejar dan menuntaskan vaksinasi, serta warga yang ikut membantu saudara-saudaranya yang sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan.

Anies pun menceritakan kisah keluarga Nabi Ibrahim AS, Siti Hajar, dan Nabi Ismail AS, keluarga yang hidup sekitar 4.300 tahun yang lalu. Kisah keluarga Nabi Ibrahim AS hingga kini terus diambil hikmahnya.

"Di sana ada hikmah tentang ketaatan menjalankan tanggung jawab, tentang penyerahan diri kepada Allah, tentang menjalani masa-masa sulit dengan saling mendukung dan saling menguatkan," ucap Anies.

Kembali ke perayaan Idul Adha, menurut Anies, tahun ini kembali harus merayakan Idul Adha dalam masa prihatin dan penuh keterbatasan. Anies mengatakan melawan pandemi COVID-19 adalah ikhtiar yang masih harus dilakukan bersama-sama dan berharap Allah SWT akan mengganti pengorbanan yang panjang dengan sesuatu yang lebih baik.

"Malam ini dan besok saat kita akan menggaungkan takbir di rumah kita masing-masing, mari kita resapi maknanya, mari kita amini doa yang terkandung di dalamnya. Kita panjatkan takbir itu dengan harapan semoga Allah menolong hambanya, yaitu menolong dan melindungi kita semua. Melindungi dari kesakitan, melindungi dari kesempitan," ujarnya.

"Semoga Allah SWT muliakan bala tentaranya, yaitu memuliakan mereka yang berjihad di garis depan melawan pandemi ini, para tenaga kesehatan, para petugas di lapangan, mereka-mereka yang bekerja di sektor-sektor esensial, yang bekerja di sektor mendasar, sektor kritis yang menopang keseharian kita semua. Semoga Allah kuatkan mereka," tambahnya.

Anies berharap dengan kekuasaan Allah SWT, pandemi COVID-19 segera hilang dari muka bumi. Dia juga berharap Kota Jakarta serta warganya selalu dirahmati dan dilindungi.

(fas/dnu)