Citilink Buka Suara soal Pria Bercadar Terbang ke Ternate Bawa PCR Istri

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 16:56 WIB
Pesawat Airbus A320 milik maskapai Citilink jadi pesawat komersial pertama yang mendarat di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Penasaran? Lihat yuk
Ilustrasi Citilink (Foto: Ristu Hanafi)
Jakarta -

Maskapai Citilink buka suara terkait penumpang berinisial DW yang terbang dari Jakarta ke Ternate menggunakan tes PCR istrinya. Citilink menyatakan telah melakukan pengecekan surat keterangan hasil tes PCR.

"Memang sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan dokumen penerbangan oleh petugas darat setempat. Saat ini, penumpang yang diduga telah memalsukan dokumen penerbangan tersebut telah diserahkan kepada pihak kepolisian dan satgas gabungan setempat," ujar VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia, Resty, kepada detikcom, Senin (19/7/2021).

Resty mengatakan Citilink akan memperketat pemeriksaan. Resty menyebut hal itu dilakukan untuk memastikan kelengkapan dokumen perjalanan penumpang sesuai syarat yang berlaku.

"Kami berkomitmen dalam menjaga nilai-nilai keselamatan dan kenyamanan penerbangan. Citilink akan melakukan koordinasi lebih erat," ucapnya.

Dia mengimbau seluruh calon penumpang untuk mematuhi persyaratan dokumen perjalanan. Dia juga mengingatkan para calon penumpang soal pemeriksaan ketat di bandara keberangkatan dan kedatangan.

"Ini berlaku di seluruh bandara, baik di bandara keberangkatan maupun bandara yang akan dituju," tuturnya.

Awal Mula Kasus Terungkap

Sebelumnya, DW terbang ke Ternate, Maluku Utara (Malut), menggunakan hasil swab test PCR istrinya. DW terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Selain hasil PCR, DW membawa data diri istrinya, Nurul.

DW juga mengelabui petugas dengan berkostum layaknya perempuan bercadar. DW menggunakan cadar sejak di Bandara Halim Perdanakusuma

Kepala Operasional Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Muhammad Arif Gani, mengatakan hasil PCR istri DW negatif Corona. Penyamaran itu pun membawa DW masuk ke pesawat Citilink untuk terbang ke Ternate.

Penyamaran DW berjalan hingga pesawat mendarat di Baabullah Ternate. Momen sebelum turun dari pesawat membuat kedok DW terbongkar.

Sebelum keluar dari pesawat, DW mengganti pakaian di toilet pesawat. Di saat itu, DW kedapatan membuka cadar.

Pramugari yang curiga melaporkan temuan tersebut kepada pihak Bandara Sultan Baabullah Ternate agar DW ditahan. Petugas kesehatan di bandara langsung melakukan tes usap antigen terhadap DW dan hasilnya positif COVID-19.

"Setelah hasil positif COVID-19, pihak bandara langsung menghubungi tim Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate untuk melakukan evakuasi dengan memakai pakaian alat pelindung diri (APD), kemudian dibawa menggunakan mobil ambulans menuju rumah untuk melakukan isolasi mandiri dan akan diawasi oleh petugas Satgas," kata Arif Gani seperti dilansir dari Antara, Senin (19/7).

(haf/haf)