PPP Tuntut Menkop Teten Juga Minta Maaf karena Kinerja Jeblok

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 12:42 WIB
Wasekjen PPP Achmad Baidowi
Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta maaf karena implementasi PPKM darurat belum optimal. PPP menilai Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mesti meniru sikap Luhut.

"Menkop dan UMKM harus secara realistis mengakui capaian-capaiannya tidak maksimal. Di era pandemi ini, pelaku UMKM semakin kolaps," kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

Baidowi menilai Menkop 'miskin' terobosan kebijakan. Politikus yang kerap disapa Awiek ini menyebut Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang digelontorkan Kemenkop banyak yang salah sasaran.

"Tidak ada terobosan baru. BPUM yang disalurkan banyak salah sasaran, meskipun tidak semua UMKM ada di bawah Kemenkop dan UMKM," terang Awiek.

Lebih lanjut, Awiek menilai Kemenkop seharusnya menjadi lembaga yang terdepan dalam penyaluran bantuan kepada para pelaku UKM. Sekretaris Fraksi PPP DPR RI itu meminta Menkop Teten jujur kepada masyarakat tentang kondisi di lapangan.

"Tapi, sebagai leading sector, sesuai nomenklatur kementeriannya, seharusnya terdepan. Maka sebaiknya sampaikan kepada publik apa sebenarnya yang terjadi di lapangan, lalu perbaiki kinerjanya," sebut Awiek.

Sekadar informasi, Awiek tercatat sebagai anggota Komisi VI DPR. Komisi IV merupakan alat kelengkapan dewan (AKD) di DPR yang memiliki ruang lingkup tugas, di antaranya di bidang perdagangan, koperasi, dan UKM. Kemenkop UKM dan Kementerian Perdagangan merupakan mitra kerja Komisi VI DPR.

Luhut sebelumnya meminta maaf karena belum optimalnya PPKM darurat. Luhut berjanji pemerintah akan terus bekerja keras agar laju penyebaran COVID-19 varian Delta dapat ditekan.

"Sebagai Koordinator PPKM Jawa dan Bali, dari lubuk hati yang paling dalam, saya ingin meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia jika dalam penanganan PPKM Jawa dan Bali ini masih belum optimal," kata Luhut Pandjaitan dalam konferensi pers yang disiarkan langsung lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7).

"Saya bersama jajaran dan menteri/kepala lembaga terkait akan terus bekerja keras untuk memastikan bahwa penyebaran varian Delta ini bisa diturunkan," imbuhnya.

(zak/tor)