Kesaksian Warga soal Kebakaran Kantor BPOM: Asap Pekat-Bau Plastik Terbakar

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 11:44 WIB
Suasana kantor BPOM usai kebakaran (Foto: Yogi/detikcom)
Suasana kantor BPOM usai kebakaran. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Gedung F di kawasan Kantor BPOM di Jalan Percetakan Negara, Johar Baru, Jakarta Pusat, kebakaran kemarin malam. Beberapa warga di sekitar lokasi menceritakan detik-detik saat peristiwa tersebut terjadi.

Salah satu warga bernama Uni (46) mengatakan sempat melihat asap pekat berwarna hitam saat kejadian berlangsung pada Minggu (18/7) sekitar pukul 21.00 WIB. Pria tersebut melihat asap itu membubung tinggi dari belakang gedung BPOM.

"Saya ngelihat itu asapnya pekat jam 9 malam, atau setengah 10 malamlah. Orang ramai pada keluar, (teriak) 'ada kebakaran', 'ada kebakaran'," kata Uni ditemui Gang Kopra, Jalan Percetakan Negara, Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (19/7/2021).

Uni mengaku saat itu dia sedang berada di pos jaga warga. Lokasinya berada di belakang gedung BPOM.

Beberapa warga kemudian sempat ke luar rumah untuk memastikan lokasi terjadinya kebakaran. Dia mengatakan tidak berselang lama terdengar suara sirene pemadam kebakaran datang mendekat ke lokasi.

Karena lokasi rumahnya berada di belakang gedung BPOM, Uni mengaku hanya bisa melihat asap pekat berwarna hitam yang muncul. Selain itu, dia mengaku sempat mencium aroma plastik terbakar.

"Baunya kayak kebakaran plastik aja begitu," katanya.

Hal senada dikatakan Awit (50), pedagang asongan di depan gedung BPOM. Pria paruh baya ini mengaku masih berjualan saat peristiwa kebakaran terjadi.

"Ya ada asap aja sama mobil-mobil damkar masuk ke dalam," kata Awit.

Dari kesaksian kedua warga tersebut tidak terdengar adanya ledakan saat peristiwa kebakaran berlangsung. Kebakaran itu pun disebut hanya berlangsung satu jam.

Aparat kepolisian pun kini tengah menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Polsek Johar Baru saat ini telah memeriksa 5 saksi.

Kondisi di gedung BPOM Jakarta Pusat per pukul 10.20 WIB pun tampak lengang. Media tidak diizinkan masuk untuk mengambil gambar di lokasi.

Namun pada pukul 10.10 WIB, terlihat mobil UPT Laboratorium Kebakaran dan Penyelamatan masuk ke area gedung. Belum diketahui pasti kedatangan mobil tersebut ke dalam area kebakaran.

Seperti diketahui, informasi mengenai kebakaran di kantor BPOM Jakarta Pusat diterima pukul 21.31 WIB, Minggu (18/7) kemarin. Sebanyak 17 mobil pemadam kebakaran kemudian dikerahkan ke lokasi. Upaya pemadaman dinyatakan selesai pada pukul 00.42 WIB.

Kerugian akibat kebakaran di kantor BPOM, Jakarta Pusat, ditaksir mencapai Rp 600 juta. Tak ada korban jiwa akibat kebakaran ini.

"Taksiran Kerugian: -+ Rp. 600 Juta," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal, dalam keterangan tertulis, Senin (19/7).

Tonton video 'Gedung BPOM Terbakar':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mae)