Lalin Lancar, Pemeriksaan STRP di Penyekatan Pesing Jakbar Jadi Pukul 10.00

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 09:40 WIB
Suasana Penyekatan di Pesing Jakbar Pagi Ini
Suasana Penyekatan di Pesing Jakbar Pagi Ini (Foto: Karin/detikcom)
Jakarta -

Lalu lintas di titik penyekatan di Jalan Raya Daan Mogot KM 11 atau biasa dikenal dengan Pesing, Jakarta Barat, pagi ini terpantau ramai lancar. Petugas yang berjaga juga belum memeriksa para pengendara yang melintas.

Pantauan detikcom pukul 08.25 WIB, lalu lintas di titik penyekatan ini tampak lengang. Jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, suasana di titik penyekatan pagi ini jauh lebih lengang daripada sebelumnya.

Bahkan, kemacetan yang biasanya terjadi di titik ini tidak terlihat sama sekali. Meski begitu, di lokasi tampak beberapa petugas sedang berjaga mengatur lalu lintas.

Suasana Penyekatan di Pesing Jakbar Pagi IniSuasana Penyekatan di Pesing Jakbar Pagi Ini Foto: Karin/detikcom

Ada yang sedikit berbeda pagi ini, yaitu petugas tidak memeriksa STRP para pengendara yang melintas. Hingga kini belum terlihat ada pengendara yang dicek oleh petugas di lokasi, semua pengendara tampak melintas bebas. Di hari-hari sebelumnya, petugas memeriksa pengendara sejak pagi.

Kali ini tidak terdengar sahut-sahutan klakson para pengendara yang tidak sabar untuk melewati jalur penyekatan. Meski tidak dilakukan pemeriksaan, terlihat beberapa pengendara yang sudah mempersiapkan STRP agar bisa lolos dari penyekatan.

Terpantau di lokasi terdapat pembagian tiga jalur untuk kendaraan melintas. Jalur paling kanan, yaitu jalur khusus TransJakarta, diperuntukkan bagi TransJakarta melintas dan kendaraan darurat melintas, seperti ambulans dan truk barang.

Kemudian, jalur kedua diperuntukkan bagi mobil. Sementara itu, di jalur ketiga, diperuntukkan bagi kendaraan bermotor melintas. Belum terlihat pengendara yang diputar balik oleh petugas karena tidak memenuhi syarat.

Penjelasan Sudinhub Jakbar

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat memberikan penjelasan soal tak ada pemeriksaan STRP pagi ini. Pemeriksaan disebut akan diperketat pada pukul 10.00 WIB nanti.

"Klarifikasi ya mbak, jadi sekarang masih longgar. Pagi-pagi masih longgar, nanti jam 10 kita mulai operasi ketatnya," kata Kasie Ops Sudinhub Jakbar Wildan.

Wildan mengatakan suasana lalin di Daan Mogot saat ini sudah landai.

"Iya jadi gini situasi saat ini Jalan Daan Mogot sudah landai sekali. Sudah berkurang lalu lintasnya. Biasanya agak siangnya dikit baru kita periksa jam 10-an baru rame, setengah jam lagi mbak," ujar Wildan.

(knv/knv)