Mau Puasa Arafah tapi Masih Punya Qadha Ramadhan, Mana yang Didulukan?

Rosmha Widiyani - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 19:52 WIB
An arabesque lantern lamp Symbol of Ramadan times, also a famous Middle eastern (specially in morocco and Egypt) lighting decoration item..Some copy space was left up to fit greeting or title textMore Similar and Arabia Related..
Foto: iStock/Mau Puasa Arafah tapi Masih Punya Qadha Ramadhan, Mana yang Didulukan?
Jakarta -

Puasa Arafah 2021 bisa dilaksanakan tiap muslim yang mampu dan memenuhi syarat pada Senin (19/7/2021). Puasa yang dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah sehari sebelum hari raya IduI Adha ini punya keutamaan menghapus dosa.

Keutamaan ini dijelaskan dalam hadits dari Rasulullah SAW

عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ نَاسًا تَمَارَوْا عِنْدَهَا يَوْمَ عَرَفَةَ فِي صَوْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ صَائِمٌ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَيْسَ بِصَائِمٍ فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِقَدَحِ لَبَنٍ وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى بَعِيرِهِ فَشَرِبَهُ

Artinya: "Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Sebagian mereka mengatakan, 'Beliau berpuasa.' Sebagian lainnya mengatakan, 'Beliau tidak berpuasa.' Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya." (HR Bukhari).

Bagaimana jika ingin melaksanakan puasa Arafah, tapi masih punya hutang Ramadhan atau qadha?

Ustaz Adi Hidayat dalam channel YouTubenya menjelaskan, sebaiknya melakukan puasa qadha lebih dulu. Puasa qadha bersifat wajib karena mengganti hal yang juga wajib.

"Saya secara pribadi cenderung mengqodho dulu, niat qodho karena sifatnya wajib. Mengganti yang wajib, maka hukumnya jadi wajib. Namun wajibnya ini terbentang luas hingga awal Ramadhan berikutnya," ujar Ustaz Adi Hidayat dilihat detikcom pada Minggu (18/7/2021).

Menurut Ustaz Adi, ada yang berpendapat tidak masalah menunaikan puasa di momen tertentu karena jangka waktu yang lama untuk menyelesaikan hutang Ramadhan. Setelah puasa di waktu tertentu selesai, misal puasa Arafah, puasa qadha bisa dilanjutkan kembali.

Ustaz Adi tidak menampik banyaknya peluang dan jangka waktu lama untuk menyelesaikan hutang puasa Ramadhan. Namun manusia tiap saat harus berharapan dengan kematian, yang bisa terjadi tiap saat. Kematian adalah hak prerogatif Allah SWT yang tidak bisa dicampuri makhluk lain.

"Sebagai manusia maka kita wajib mengerjakan amalan prioritas dalam hidup. Yang tidak penting sisihkan, jika sama-sama penting maka cari yang paling prioritas. Puasa Arafah ini sunnah muakad masih ada yang wajib," ujar Ustaz Adi Hidayat.

Meski begitu, umat Islam berpeluang mendapat dua pahala dalam sekali puasa. Peluang ini bisa diperoleh dengan keinginan kuat untuk melakukan puasa Arafah, namun dengan niat menunaikan puasa qadha yang sifatnya wajib

"Kalau pun niatnya menunaikan puasa wajib, tapi punya keinginan kuat untuk puasa Arafah dan tak mampu melakukannya karena alasan yang dibenarkan syar'i, maka berpeluang juga dapat pahala dari puasa Arafah," ujar Ustaz Adi Hidayat.

Dengan penjelasan ini, muslim tak perlu khawatir ketinggalan salah satu ibadah atau tak dapat pahala dari Allah SWT. Pintu pahala terbuka bagi muslim yang menyelesaikan hutang puasa Ramadhan, serta berniat kuat melakukan puasa Arafah.

Selamat puasa Arafah detikers.

(row/pay)