Wapres Minta Warga Salat Idul Adha di Rumah, Potong Hewan Kurban di RPH

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 09:09 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Hari raya Idul Adha akan dilaksanakan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali pada Selasa, 20 Juli 2021. Wapres Ma'ruf Amin meminta seluruh masyarakat melaksanakan ibadah salat Idul Adha di rumah saja.

Hal ini disampaikan Ma'ruf dalam keterangan pers yang diterima pada Minggu (18/7/2021). Ma'ruf meminta masyarakat, khususnya di Jawa dan Bali yang berada di wilayah zona merah, melaksanakan salat Idul Adha di rumah masing-masing dan memotong hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH).

"Berjemaah itu hukumnya sunah, tetapi menjaga diri dari wabah COVID-19 hukumnya wajib, (sehingga) hal yang wajib harusnya didahulukan daripada yang sunah," kata Ma'ruf Amin.

Ma'ruf menegaskan kebijakan PPKM Darurat yang diambil pemerintah sama sekali bukan untuk menghalangi umat Islam beribadah berjemaah di masjid, tetapi semata-mata untuk melindungi masyarakat dari bahaya penularan COVID-19. Untuk itu, Maa'ruf mengajak para ulama bersama-sama pemerintah meningkatkan peran dalam upaya menanggulangi pandemi COVID-19 karena melindungi umat, di samping kewajiban pemerintah, adalah kewajiban para ulama.

"Hal ini merupakan tanggungjawab kita, sebagai ulama yang memang memiliki tugas untuk itu," tutur Wapres.

Malam ini juga dijadwalkan Ma'ruf Amin akan bertemu dengan Menag Yaqut Cholil Qoumas dan pimpinan MUI serta pimpinan ormas lain. Pertemuan ini untuk memastikan bahwa warga mentaati aturan pemerintah.

Simak video 'Pertimbangan Pemerintah Batasi Aktivitas Masyarakat Saat Idul Adha':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/imk)