Luhut: Penambahan COVID DKI-Bali Akan Menurun dalam Satu Minggu ke Depan

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 19:43 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Luhut Pandjaitan (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta -

Menko Marves Luhut Pandjaitan menyampaikan hasil evaluasi terkait pelaksanaan PPKM darurat Jawa-Bali yang berlangsung sejak 3 Juli. Luhut mengatakan mobilitas daerah DKI Jakarta dan Bali mulai menurun.

"Kami lihat ada beberapa daerah yang mencapai penurunan mobilitasnya dan aktivitas masyarakat sudah cukup baik dan penambahan kasusnya sudah flattening dan sudah menurun, seperti DKI Jakarta dan saya melihat Bali juga akan menurun penambahannya dalam satu minggu ke depan, walaupun mungkin masih akan naik dalam 2-3 hari ke depan," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Sabtu (17/7/2021).

Luhut meminta semua pihak tetap konsisten membatasi mobilitasnya selama PPKM darurat. Daerah lainnya, kata Luhut, juga diminta menekan laju penularan Corona.

"Tapi, kalau kita konsisten semua, saya lihat akhir Juli posisi kita akan semakin baik. Oleh karena itu, saya minta teman-teman kita di semua tempat di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur untuk bahu-membahu dan di tempat lain penjuru Tanah Air untuk melawan varian Delta ini," kata Luhut.

Luhut mengaku sedang melakukan evaluasi terhadap PPKM darurat apakah dibutuhkan perpanjangan lebih lanjut. Luhut akan melaporkan ke Presiden Jokowi apakah akan melakukan perpanjangan PPKM darurat atau tidak, serta dalam 2-3 hari ke depan pemerintah akan mengumumkan secara resmi.

Ia mengatakan ada dua indikator yang akan digunakan untuk mengevaluasi periode transisi, yakni penambahan kasus Corona dan kapasitas RS.

"Ada dua indikator yang kami gunakan mengevaluasi periode transisi di mana beberapa relaksasi bisa dilakukan jika indikator penambahan kasus konfirmasi dan bed occupancy rate-nya semakin baik dan kebetulan dua hari terakhir ini kita lihat membaik dan dilihat periode 14-21 hari itu kita sudah memasuki periode tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Pandjaitan menyampaikan evaluasi terkait pelaksanaan PPKM darurat yang berlangsung sejak 3 Juli. Luhut mengatakan mobilitas masyarakat menurun di masa PPKM darurat.

"Telah ada berbagai kemajuan dalam hal penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat. Dan hasil monitoring kami terhadap indikator Google Traffic, Facebook Mobility, dan indeks cahaya malam, telah terjadi penurunan yang cukup signifikan terhadap mobilitas dan aktivitas masyarakat," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Sabtu (17/7/2021).

Luhut mengatakan indikator penurunan mobilitas itu memberikan harapan bahwa varian Delta bisa diturunkan laju penularannya. Luhut menilai data kasus harian Corona beberapa hari belakangan sudah mulai membaik.

"Ini terus terang saja memberikan harapan kepada kita semua bahwa penularan varian Delta ini bisa kita turunkan. Namun penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat ini tidak serta-merta langsung menunjukkan penurunan penambahan kasus walaupun tiga hari ke belakangan ini melihat data-data sudah mulai membaik, karena ada masa inkubasi penularan yang telah terjadi sebelumnya dan berbagai faktor lain," kata Luhut.

Tonton video 'Luhut Minta Maaf Jika PPKM Darurat Belum Optimal':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/idh)