Rumdis Lurah-Camat DKI Tak Terpakai Bisa Jadi Tempat Isolasi COVID-19

Tiara Aliya - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 00:38 WIB
Pekerja membersihkan kamar di Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (14/7/2021). Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan Asrama Haji Palembang sebagai tempat karantina baru pasien COVID-19 dengan kapasitas kamar tidur sebanyak 500 kamar. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Ilustrasi ruang isolasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menunjuk sejumlah rumah dinas (rumdis) milik camat-lurah sebagai tempat isolasi terpusat pasien COVID-19. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan penggunaan rumdis sebagai tempat isolasi sudah diterapkan sejak tahun lalu.

"Rumah dinas kalau memang tidak terpakai bisa dimanfaatkan di kelurahan, di RW, RT, di mana saja dijadikan tempat isolasi mandiri sejauh memenuhi syarat dan standar yang diminta. Jadi saya kira nggak ada masalah ya, daripada rumah dinas kosong tidak terpakai. Dan ini sudah pernah digunakan sejak tahun lalu, jadi itu bukan sesuatu yang baru," kata Riza kepada wartawan, Jumat (16/7/2021).

Riza juga mengatakan pada umumnya, pengadaan sarana dan prasarana kebutuhan tempat isolasi biasanya dilakukan melalui kerjasama berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat hingga swasta. Setelah segalanya dipersiapkan, Riza memastikan lokasi isolasi bisa langsung digunakan.

"Pokoknya begitu siap kemudian ada pasiennya ya digunakan. Masa ditunda- tunda," jelas Riza.

Politikus Gerindra itu mencontohkan, persiapan lokasi isolasi di Rusun Pasar Rumput misalnya dilakukan oleh Kementerian PUPR. Lalu untuk RSDC Asrama Haji Pondok Gede oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Sedangkan Rusun Nagrak barang-barangnya dipersiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Ke depannya, Riza memastikan fasilitas isolasi terpusat lainnya akan dipersiapkan secara bertahap.

"Sekarang sudah banyak yang siap. Kemarin Asrama Haji begitu siap (kemudian) dipakai langsung penuh. sekarang disiapkan lagi Nagrak, sudah juga mendekati penuh. Sekarang ada disiapkan lagi rusun pasar rumput. disiapkan di situ. Jadi ada beberapa tower bisa digunakan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta menambah lokasi isolasi terpusat pasien COVID-19 di Ibu Kota. Saat ini total ada 184 tempat isolasi yang disediakan Pemprov DKI.

Daftar tempat isolasi ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 891 Tahun 2021 tentang Penetapan Lokasi Isolasi dan Standar Operasional Prosedur Pengelolaan Lokasi Isolasi dalam Rangka Penanganan COVID-19.

Dilihat detikcom, Jumat (16/7/2021), ada penambahan 152 lokasi isolasi pasien COVID-19. Sebelumnya, Pemprov DKI hanya menunjuk 32 lokasi dengan kapasitas 9.461 orang.

Fasilitas isolasi yang kini ditetapkan terdiri atas GOR, rumah susun, sekolah, gedung karang taruna, hingga rumah dinas pejabat setingkat lurah-kecamatan. Total kapasitasnya mencapai 26.134 orang.

(jbr/idn)