Pemprov DKI Terbitkan STRP untuk Ojol Berbentuk QR Code

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 23:39 WIB
Ojol boleh lewat penyekatan di Fatmawati Jaksel asalkan tunjukan bukti orderan makanan
Ilustrasi (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta menerbitkan STRP untuk driver ojek online (ojol). STRP bagi ojol ini berbentuk QR code.

"DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta telah menerbitkan STRP untuk para mitra pengemudi dengan berbasis teknologi informasi melalui QR code," kata Kepala DPMPTSP DKI Jakarta Benni Aguscandra dalam keterangan tertulis, Jumat (16/7/2021).

Benni mengatakan hal ini sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 875 Tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat COVID-19. Ojol, sebutnya, merupakan aktivitas pada moda transportasi, termasuk kegiatan yang diperbolehkan melakukan mobilitas selama masa PPKM darurat.

"Kemudian perusahaan aplikasi akan menyampaikan kepada para mitra pengemudi secara elektronik pada sistem informasi yang berlaku di perusahaan aplikasi tersebut," ujarnya.

Benni menjelaskan pengemudi ojol dapat menunjukkan STRP berbentuk QR code kepada petugas gabungan yang melakukan pengawasan PPKM darurat.

"Petugas gabungan dapat melakukan autentifikasi perizinan STRP secara mudah melalui scan QR code pada perangkat telekomunikasi elektronik/handphone petugas," jelas Benni.

Kemudian, perusahaan dapat mengajukan pembuatan STRP pengemudi ojol secara kolektif melalui aplikasi JakEVO. Nantinya, pihaknya akan mengirimkan STRP berupa QR code yang kepada perusahaan untuk segera diteruskan kepada pengemudi ojol.

"Sama dengan STRP lainnya yang telah diterbitkan juga dilengkapi dengan QR code untuk autentikasi perizinan. Hal ini sebagai wujud komitmen Pemprov DKI Jakarta yang senantiasa mengedepankan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik guna memberikan kemudahan dan memastikan seluruh warga dapat mengakses pelayanan publik yang prima di Jakarta" imbuhnya.