Video 20Detik

Pintu Tol di Jateng Ditutup, Nakes-Ambulans Sempat Tertahan

dtv - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 11:40 WIB
Jakarta -

Mobil ambulans dan tenaga kesehatan (nakes) yang hendak melintasi Gerbang Tol Klodran, Karanganyar, Jawa Tengah, sempat tertahan oleh penyekatan yang digelar oleh petugas PPKM darurat. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (16/7/2021) saat awal pembatasan mobilitas di 27 ruas jalan tol di Jawa Tengah.

Tenaga kesehatan (nakes) yang tertahan terpaksa turun menjelaskan maksud mereka untuk melintas kepada aparat yang berjaga. Petugas kesehatan itu mengaku hendak berangkat kerja ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sragen.

Sementara itu, pengemudi ambulans yang juga tertahan mengaku baru saja menjalankan tugas perbantuan untuk pemakaman pasien. "Ini balik Jakarta karena kendaraan sektor kritikal, ini kita habis dari pemakaman balik ke Jakarta," ujar sopir ambulans Muslimin.

Petugas kemudian mengizinkan ambulans melintas. Pada mobil ambulans, petugas terlebih dahulu menempelkan stiker khusus agar dapat melintas pada penyekatan berikutnya.

Mulai Jumat, 16 Juli dini hari, sebanyak 27 gerbang tol di Jawa Tengah ditutup. Seluruh kendaraan yang tidak berkaitan dengan sektor kritikal dan esensial dilarang untuk melintas.

Upaya penyekatan di gerbang tol dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah guna menekan laju peningkatan kasus COVID-19. Berdasarkan data sebaran COVID-19, Jawa Tengah menyumbang 4.306 kasus baru. Angka itu masuk dalam 4 besar kasus harian terbesar di Indonesia.

(dtv/dtv)