Corona Melonjak, Pebisnis Taiwan Ramai-ramai Tinggalkan Indonesia

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 21:30 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi pesawat (Foto: iStock)
Jakarta -

Sebanyak 90 pebisnis dan ekspatriat dari Taiwan telah memesan penerbangan untuk keluar dari Indonesia dan kembali ke negaranya. Hal itu disebabkan kondisi Corona di Tanah Air yang semakin memburuk.

Dilansir Focus Taiwan, Kepala Pusat Layanan Kamar Dagang Indonesia Taiwan (ITCC) Kuo Chang-hsin menyebut penerbangan yang mengangkut kurang-lebih 100 warga Taiwan tersebut dijadwalkan terbang pada 28 Juli nanti. Mereka akan menaiki pesawat Batik Air Indonesia.

Karena kondisi Corona di Indonesia yang angkanya terus meroket, Kamar Dagang Taiwan di Jakarta, Jawa Tengah, Bali, dan Jawa Timur menyarankan anggota senior mereka kembali ke Taiwan.

Kuo menambahkan Ketua ITCC Wang An-tso dan mantan Ketua ITCC Ko Sheng-sheng, yang saat ini berada di Taiwan, membantu berkoordinasi dengan agen perjalanan untuk mengatur penerbangan carter bagi warga Taiwan yang ada di Indonesia.

Dari catatan pusat layanan respons COVID-19 ITCC pada 6-12 Juli, 72 orang Taiwan di Indonesia terkonfirmasi positif Corona. Sepuluh warga Taiwan di antaranya telah sembuh, sedangkan 4 lainnya meninggal dunia.

Namun, laporan pebisnis Taiwan di Indonesia berbeda dengan catatan ITTC. Mereka melaporkan ada 8 warga Taiwan yang meninggal karena Corona.

Kepala kantor perwakilan Taiwan di Jakarta, Chen Chung, mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan untuk mengevakuasi seluruh warga negara Taiwan dari Indonesia jika dirasa perlu.

Hal yang sama dilakukan Jepang. Dilansir Fuji News Network, Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan pihaknya siap membantu warganya keluar dari Indonesia dan kembali ke Jepang.

Hingga Senin (12/7), 14 warga negara Jepang meninggal dunia akibat wabah COVID-19 di Indonesia. Penerbangan carter bagi warga Jepang untuk pulang kampung sudah dilakukan pada Rabu (14/7) kemarin.

Corona di RI Kembali Pecah Rekor

Pemerintah melaporkan tambahan kasus baru Corona sebanyak 56.757 kasus positif Corona (COVID-19) hari ini. Sebanyak 19.049 pasien sembuh dan 982 kasus meninggal.

Total positif Corona secara kumulatif sejak Maret 2020 hingga hari ini berjumlah 2.726.803 dan kasus sembuh kumulatif sebanyak 2.176.412. Sementara itu, hingga hari ini, tercatat pasien Corona yang meninggal di RI mencapai 70.192 orang.

Daerah yang melaporkan penambahan kasus baru terbanyak hari ini adalah DKI Jakarta dengan 12.691 kasus, diikuti Jawa Barat dengan 11.101 kasus baru.

Sedangkan daerah dengan kasus sembuh tertinggi ada di Jawa Barat, yaitu 5.137 kasus. Sementara itu, 34 provinsi melaporkan temuan kasus baru positif Corona hari ini.

Simak juga video 'Taiwan Perketat Aturan Akibat Lonjakan Corona, Warga Panic Buying':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/knv)