DPR Segera Kirim Hasil Uji Kelayakan Calon Dubes RI ke Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 16:39 WIB
Tak seperti biasanya, gedung DPR RI terlihat sepi. Usai belasan anggota dewan terpapar COVID-19 dalam waktu yang cukup bersamaan, gedung itu di disinfeksi dan disterilkan.
Gedung MPR/DPR (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Komisi I DPR RI telah menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon duta besar Indonesia (Dubes RI). Hasil uji kelayakan itu akan segera dikirim ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seperti diketahui, DPR sudah memasuki masa reses mulai hari ini hingga 15 Agustus 2021. Namun, dalam rapat paripurna penutupan masa sidang hari ini, tidak ada pembahasan uji kelayakan calon Dubes RI untuk negara sahabat dan organisasi internasional.

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengatakan hasil uji kelayakan calon dubes RI untuk negara sahabat dan organisasi internasional tidak melalui paripurna. Sebab, Komisi I telah mendapat mandat.

"Kalau hal itu sudah tidak melalui paripurna lagi karena sudah dimandatkan ke Komisi I," kata Indra kepada wartawan, Kamis (15/7/2021).

Hasil uji kelayakan calon Dubes RI akan disampaikan Komisi I ke pimpinan DPR. Selanjutnya, hasil tersebut akan dikirim ke Presiden Jokowi.

"Iya betul hasil pertimbangan tersebut akan disampaikan ke pimpinan DPR secara rahasia untuk disampaikan ke Presiden," ujar Indra.

Komisi I sebelumnya telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon Dubes RI untuk negara sahabat dan organisasi internasional. Salah satu yang menjalani uji kelayakan adalah juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'DPR Minta Pemerintah Evaluasi Efektivitas Vaksin Sinovac':

[Gambas:Video 20detik]