Luhut: Hampir Semua di Jawa Dikontrol Varian Delta

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 09:33 WIB
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan kondisi saat ini berbeda dengan masa PSBB dan PPKM mikro. Luhut mengatakan bahwa kini hampir semua wilayah di Jawa didominasi oleh virus Corona varian Delta.

"Anda bisa lihat PSBB 1, PSBB 2, PPKM kabupaten/kota, PPKM mikro, semua relatif sebenarnya naik tetapi masih terkendali. Tetapi begitu kita masuk varian Delta, peningkatan kasus COVID-19 didominasi oleh varian Delta," kata Luhut dalam siaran persnya, Kamis (15/7/2021).

Luhut menampilkan sebuah grafik yang menunjukkan peningkatan kasus Corona yang begitu cepat. Dia menunjukkan bahwa varian Delta mendominasi hampir semua di Pulau Jawa.

"Kalau kita lihat yang marun ini, itulah dia (varian Delta). Jadi hampir semua di Jawa ini kalau nggak boleh saya katakan, ya semua, itu dikontrol oleh varian Delta," ungkapnya.

Grafik yang menunjukkan dominasi varian delta (Kemenko Maritim dan Investasi)Grafik yang menunjukkan dominasi varian delta (Foto: dok. Kemenko Maritim dan Investasi)

"Di mana, Delta ini menurut semua yang baca, itu enam kali lebih cepat (penularannya) dibanding Alpha atau PSBB 1 dengan PSBB 2," lanjutnya.

Menurutnya, saat ini Indonesia sedang berhadapan dengan musuh yang berbeda. Luhut menyatakan siap menghadapi semua ini dengan segala sumber daya yang ada.

"Jadi kita menghadapi musuh yang beda. Jadi musuh yang beda ini ya tentu kita dengan segala resources kita, kita hadapi tapi tidak mudah," ujarnya.