Round-Up

Menyesak Kabar Duka Pasien Corona Wafat saat Isoman Makin Banyak

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 05:04 WIB
Angka pasien COVID-19 yang meninggal saat menjalani isolasi mandiri meningkat. Tim Lapor COVID-19 mencatat hingga Minggu (11/7) terdapat 450 orang meninggal.
Foto: Ilustrasi evakuasi pasien Corona yang wafat saat isolasi mandiri (Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kabar duka yang menyesakkan dada masih terus menyeruak di tengah pandemi Corona ini. Ratusan pasien Corona dilaporkan wafat saat sedang menjalani isolasi mandiri.

Kabar duka itu dilaporkan oleh kelompok relawan pemantau perkembangan Corona, LaporCovid-19. LaporCovid-19 melaporkan data terbaru pasien Corona yang wafat di luar fasilitas kesehatan (faskes). Para pasien isoman kebanyakan tak bisa memperoleh perawatan di RS karena penuh.

Data tersebut menunjukkan ada 547 orang yang meninggal dunia saat melakukan isolasi mandiri (isoman). Data tersebut ditampilkan lewat dashboard quick count lacak kematian isoman dan di luar RS. Per 14 Juli 2021 pukul 10.19 WIB, LaporCovid-19 menerima laporan 547 pasien Corona yang meninggal dunia saat isoman.

Dalam data tersebut, Jawa Barat menjadi provinsi dengan kasus kematian pasien isoman tertinggi. Tercatat ada 209 orang yang meninggal ketika isoman di Jawa Barat. Kemudian 104 orang meninggal di Yogyakarta, 65 orang di Banten, 63 orang di Jawa Timur, 51 orang di DKI dan 36 orang di Jawa Tengah.

Kemudian, di Sleman ada 64 orang, Kabupaten Tangerang ada 41 orang, Kabupaten Bogor ada 40 orang, Tasikmalaya ada 23 orang, dan Gresik ada 21 orang.

Kendati demikian, angka tersebut tidak menggambarkan penambahan persis hari ini.

"Angka tidak menggambarkan penambahan persis hari ini, karena temuan hasil lacak kematian juga tetap dicatat walaupun tanggal kejadian kematian sudah lewat selagi masih dalam rentang bulan Juni 2021 dan seterusnya," tulis LaporCovid-19 dalam keterangannya, Rabu (14/7).

Lihat juga Video: Pria Isoman di Ciputat Meninggal, Ini Kata Kemenkes

[Gambas:Video 20detik]