Ramai Warga Jepang Angkat Kaki Saat Corona di RI Makin Ngeri

ADVERTISEMENT

Round-Up

Ramai Warga Jepang Angkat Kaki Saat Corona di RI Makin Ngeri

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 20:00 WIB
Ilustrasi Jepang
Bendera Jepang (Foto: iStock)
Jakarta -

Warga Jepang ramai-ramai meninggalkan Indonesia di tengah kasus Corona yang melonjak drastis. Mereka disebut bakal kembali ke Indonesia setelah vaksinasi.

Informasi mengenai warga Jepang yang hendak pulang dari Indonesia itu diberitakan media Jepang, Nikkei Asia, Rabu (14/7/2021). Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mendukung penerbangan khusus bagi warganya yang ingin kembali ke Jepang.

"Dari sudut pandang melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan... sehingga orang-orang Jepang yang ingin kembali dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin, dan sebanyak mungkin orang," katanya kepada para wartawan.

Kato mengatakan beberapa warga Jepang di Indonesia terbang pulang pada hari Rabu (14/7) ini dengan penerbangan khusus yang diatur oleh maskapai Jepang, yang didukung oleh pemerintah.

"Setelah itu, kami berencana melakukan upaya serupa dalam menanggapi permintaan dari warga Jepang," imbuhnya.

Kato menambahkan, mereka yang kembali dari Indonesia akan diminta mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona, termasuk karantina 10 hari di fasilitas yang ditunjuk.

Inisiatif Perusahaan Swasta

Kedubes Jepang di Indonesia mengkonfirmasi adanya penerbangan khusus yang mengangkut warga Jepang dari Indonesia. Penerbangan itu disebut inisiatif dari perusahaan swasta.

"Penerbangan yang dilakukan tadi pagi terlaksana atas inisiatif dari perusahaan swasta Jepang, dan bukan usaha evakuasi maupun repatriasi dari pemerintah Jepang," demikian keterangan Kedubes Jepang di Jakarta seperti dilansir Antara, Rabu (14/7).

Kedubes menjelaskan Jepang juga masih melakukan pembatasan masuk bagi orang-orang dari luar negeri. Bukan hanya Indonesia, pembatasan juga diberlakukan negara lain.

Pembatasan itu dilakukan untuk menjaga kapasitas pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di bandara beserta petugas medisnya, dan fasilitas karantina bagi mereka yang datang dari luar negeri ini dapat beroperasi dengan baik.

Simak video 'Jepang Akan Terapkan Darurat Corona di Tokyo Sampai 22 Agustus':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT